oleh

Watania: Penerbangan Manado-Naha-Melonguane Dibuka Kembali 27 Oktober

KOMENTAREN.NET, Manado – Pihak Wings Air telah menutup rute penerbangan Manado-Naha dan Manado-Melonguane. Hal ini mendapat respons dari DPRD Sulut saat rapat dengar pendapat antara Komisi III dengan Dinas Perhubungan.

Sejumlah legislator mempertanyakan sekaigus menyayangkan transportasi udara dari manado ke daerah kepulauan telah ditutup. Kadis Perhubungan Sulut, Lynda Watania usai hearing menjelaskan bahwa Pemprov Sulut dibawah pimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw telah bekerja maksimal dan optimal sehingga penerbangan Manado-Naha dan Manado-Melonguane bakal dibuka kembali mulai 27 Oktober mendatang.

“Namanya sektor transportasi udara adalah kewenangan pemerintah pusat, sedangkan Gubernur hanya bisa memiliki kewenangan merekomendasikan dan mengevaluasi. Hasilnya pihak Wings air bersedia membuka kembali penerbangan mulai 27 Oktober hingga Bulan Maret 2020 mendatang,” ujar Watania, Rabu (09/10) di gedung DPRD Sulut.

Dengan dibukanya kembali penerbangan ini, Watania berharap Kota/Kabupaten harus menghadirkan suasana yang kondusif agar terciptanya suasana ekonomi dan investasi yang baik. serta memacu sektor pariwisata,” sambungnya. Selain itu, pemprov juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Garuda agar bisa melakukan penerbangan dari Manado ke daerah kepulauan.

“Ada penerbangan Manado-Davao Senin dan Jumat, kami telah berkoordinasi dengan pihak Garuda, sekiranya ada dua hari yang ada penerbangan dari Manado ke kepulauan. ini semua berkat bimbingan dan arahan pak Gubernur dan Wakil Gubernur,”pungkasnya.(mon)