oleh

Warga Pulau Kawaluso Sangihe Akhirnya Nikmati Listrik PLN

KOMENTAREN.NET – Penantian panjang warga Pulau Kawaluso, Kecamatan Kendahe Kabuapten Sangihe untuk menikmati listrik, kini tercapai. Terbukti, Senin (12/10) kemarin dilakukan penyalaan perdana listrik PLN di Kampung Kawaluso oleh Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana didampingi Manager PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken.

Dalam laporannya, Manager PLN UP3 Tahuna Mulke Gal Tumanken menjelaskan, persiapan PLN untuk listrik di Kampung Kawaluso ini sejak tahun 2018 lalu yang dibangun PLN proyek ketenagalistrikan Sulawesi Utara, yaitu jaringan tegangan menengah dan jaringan tegangan rendah. 

“Jadi dengan menyalanya listrik PLN di Kampung Kawaluso diharapkan apa yang kita sudah siapkan dapat dioptimalkan oleh masyarakat yang sudah menjadi pelanggan PLN. Melihat kampung yang begitu besar, diharapkan pemakaiannya juga besar,” jelas Tumanken.

“Dan untuk untuk jam operasinya kami optimalkan dulu enam jam. Nanti akan meningkat secara bertahap 12 jam hingga 24 jam, seiring bertambahnya pelanggan,” sambungnya.

Sementara itu, Manager ULP Petta Montekarlo Mangero menjelaskan, dari data awal ada 150 pelanggan yang mendaftar dari jumlah 217 kepala keluarga (KK) untuk listrik prabayar ini. Namun saat ini ada 37 KK yang listriknya yang sudah menyala. 

“Yang sisanya intalasi dan sambungan rumah atau SR sudah terpasang, tinggal menunggu biaya adminstrasi pasang baru serta sertifikat laik operasi (SLO). Kami berharap semua KK akan bersedia menjadi pelanggan listrik prabayar ini,” harapnya. 

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak PT PLN Persero yang sudah mengaliri listrik di pulau terluar termasuk Kampung Kawaluso. Diharapkan investasi yang besar ini dapat dimanfaatkan masyarakat. 

“Ada 217 KK di Kampung Kawaluso ini jika semuanya menggunakan listrik PLN 900 wa, maka bebannya pemakaian akan besar. Kiranya dengan adanya listrik PLTD ini, taraf hidup masyarakat dapat meningkat,” harap Gaghana. 

Terpisah, salah satu masyarakat Kampung Kawaluso Heri Totaeng menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sangihe dan Pihak PT PLN Persero yang sudah menghadirkan listrik PLN di Kampung Kawaluso. 

“Dengan adanya aliran listrik PLN, maka akan ada banyak hal yang bisa masyarakat kembangkan salah satunya pembekuan ikan atau cool stroage. Dan memang kami sempat mempunyai penerangan PLTS dan juga ada beberapa KK menggunakan mesin genset namun tetap tidak optimal. Apalagi saat ini PLTS sudah rusak sejak kurang lebih tiga tahun lalu,” pungkas masyarakat yang juga merupakan perangkat Kampung Kawaluso tersebut.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *