oleh

Warga Lemoh Timur Antusias di Baksos RSUP Kandou Manado


Komentaren.net-.Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof dr R.D Kandou Manado, Sabtu 11 Desember 2021 menggelar bakti sosial pengobatan mata, edukasi kesehatan, skrining katarak dan pembagian kacamata gratis bagi warga Desa Lemoh Timur Kecamatan Tombariri Timur.

Kegiatan bertempat di gedung Gereja GMIM Siloam Lemoh jalan raya tomohon – tanawangko.

Dibuka oleh Hukum tua desa lemoh timur bapak Ferry Langi.

Dalam sambutannya Hukum tua menyampaikan apresiasi serta menyambut baik kedatangan tim bakti sosial dari RSUP Kandou.

“Kami berterima kasih kepada tim bakti sosial dari RSUP Kandou Manado,kegiatan ini di laksanakan pada waktu yang sangat tepat di mana masyarakat akan menyongsong Natal dan Tahun Baru,” katanya sembari menambahkan kegiatan ini menjawab akan kebutuhan masyarakat desa lemoh timur.

Sementara ketua tim bakti sosial RSUP Kandou dr.Ade John Nursalim,MM. MARS, SpM dalam sambutannya mengatakan Kegiatan bakti sosial ini terdiri dari pengobatan mata, skrining katarak, pembagian kacamata gratis, dan penyuluhan edukasi masyarakat dengan memberikan informasi statistik kesehatan mata.

“Data dari pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuliskan bahwa Penyebab gangguan penglihatan terbanyak di seluruh dunia ialah gangguan refraksi yang tidak dikoreksi sebanyak sekitar 49% dan katarak sebanyak 26%. Kedua permasalahan gangguan penglihatan di atas dapat diatasi dengan kacamata dan operasi katarak,” jelasnya. 

Dokter Ade juga mengingatkan pelaksanaan protokol kesehatan jangan kendor.

“Bahaya gelombang covid 19 yang risikonya bertambah seiring dengan masa natal tahun baru yang akan di hadapi. Angka covid19 sudah mulai menurun tetapi kita Tetapi masih memiliki angka resiko oleh karena itu pelaksanaan protokol kesehatan harus tetap di lakukan untuk mencegah Peningkatan kembali angka covid19,” ujar dokter Ade.

Disisi lain Kepala instalasi promosi kesehatan dan pemasaran rumah sakit RSUP Kandou, dr. Sekplin Sekeon,Sp.N(K), MPH dalam kesempatannya mempromosikan terkait layanan unggulan poliklinik eksekutif Mawar Sharon dan juga fitur telmek yaitu aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk melakukan konsultasi secara daring. 

“Bapak Ibu yang ingin mengkonsultasikan masalah kesehatan ya tetapi masih belum memiliki kesempatan untuk mengunjungi Rumah Sakit Kandou bisa menggunakan aplikasi Telmek untuk secara langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis secara daring. Penggunaannya semudah mengoperasikan aplikasi media sosial Facebook,” jelas dr Sekplin

Dalam baksos ini, Etty Maria Tambajong, AMKG dari poliklinik gigi mulut Membawakan edukasi Mengenai kesehatan gigi mulut. Ibu Etty Menjelaskan pentingnya menyikat gigi,  penggunaan pasta gigi dan pemeriksaan gigi secara berkala. Ibu Etty Juga mendemonstrasikan bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar. Demonstrasi ini dilakukan dengan menggunakan manekin gigi dan disambut antusias oleh warga.

Sementara dr. Chrismicel dan dr. Denny Pambudi dari KSM/PPDS Neurologi Membawakan materi edukasi Mengenai nyeri terutama nyeri kronik. Edukasi disambut dengan baik berupa beberapa pertanyaan seputar keluhan nyeri yang dialami masyarakat.

Diketahui Tim bakti sosial kali ini terdiri dari tim poliklinik mata, saraf dan gigi mulut RSUP kandou Berupa dokter spesialis, dokter Residen, perawat, refraksionis optisi.
(*/stvn)