oleh

Wapres AS Doa Bersama Terkait Corona di Gedung Putih

MEWABAHNYA virus corona yang juga sampai di Amerika Serikat (AS) direspons petinggi Gedung Putih dengan cara berdoa meminta pemulihan atas wabah dunia tersebut. Terlihat Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence dan sejumlah pejabat gedung putih berdoa secara khusyuk.  

Namun foto berdoa Wapres AS itu malah direspons negative sejumlah kalangan. Terutama lawan politik Mike Pence. Posting gambar yang sedang berdoa itu dinilai oleh para pengkritik sebagai lelucon.

Hemant Mehta, salah satu penulis di Patheos.com menulis bahwa menghentikan virus corona dengan doa adalah lelucon. “Apalagi yang diharapkan oleh orang-orang? Ilmu? Alasan? Sesuatu yang masuk akal? Tentu saja tidak. Jika virus ini benar-benar pandemik, kita berada di tengah khalayan orang-orang yang berpikir kalau doa mereka kepada Tuhan akan menyelesaikan masalah ini. Dewa yang sama yang mungkin menciptakan virus, setidaknya dalam pikiran mereka, entah bagaimana akan memastikan itu hanya menyakiti segelintir orang Amerika…dan satu ton orang China,” tulisnya.

Angela Rassmussen, seorang ahli virus dari Universitas Columbia juga mengkritik doa tersebut. Dia menyampaikan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah menghadiri pertemuan ilmiah yang diawali dengan doa.

“Aku belum menghadiri pertemuan ilmiah yang dimulai dengan doa,” katanya. Thomas Chatterton Williams, seorang penulis untuk New York Times Magazine, membagikan gambar tersebut di Twitter sembari menulis komentar pedas.

“Mereka mengobati penyakit ini dengan keseriusan dan urgensi yang mereka bawa pada kekerasan senjata. Sementara beberapa orang merasa terhibur dengan pemikiran bahwa pemerintahan ini, yang membubarkan tim pandemic CDC pada tahun 2018, secara aktif berdoa di depan kamera, ini adalah jendela dingin menuju ketidaksiapan dan ketidakmampuan epidemiologis mereka yang sebenarnya,” tulis Williams.

Komentar inipun mendapat respon dari beberapa pemimpin Kristen, termasuk Pendeta Tennessee Steve Gaines. “Kebijaksanaan yang akan mereka gunakan jauh lebih besar daripada apapun yang bisa dipahami manusia. Semoga Tuhan membangkitkan lebih banyak politisi yang seperti @Mike_Pence, yang mengakui keterbatasan mereka, merendahkan diri dan berseru kepada Tuhan dalam doa untuk meminta pertolongan,” tulis Gaines. (jwb/*)