oleh

Walikota Andrei Angouw Naik ke Puncak ‘Gunung Sampah’ TPA Sumompo

Manado, komentaren.net – Masalah klasik sampah di Kota Manado terus diseriusi Walikota Manado, Andrei Angouw. Termasuk melimpahnya volume sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sumompo. Bahkan Jumat (14/05) ini, Walikota Manado pertama dari PDIP ini kembali turun langsung di TPA tersebut.

Tak hanya melihat dari jauh, namun Walikota Angouw terlihat naik langsung ke puncak ‘gunung sampah’. Walikota mendampingi operator eskavator ketika mengeruk sampah, untuk memperoleh informasi detail terkait permasalahan di lapangan.   

Dalam sambutannya ketika rapat kerja perdana dengan ASN Pemkot Manado lalu, Angouw mengatakan persoalan sampah merupakan prioritas yang hendak dicarikan solusinya.  

“Saya akan rapat dengan camat-camat dengan Dinas Lingkungan Hidup. Dan diharapkan adanya support dari seluruh pejabat. Nanti kase informasi dimana sampah-sampah yang berserakan,” katanya waktu itu.

Memang sejak mendeklarasi diri bersama Richard Sualang untuk maju sebagai calon kepala daerah, Angouw telah melihat langsung TPA Sumompo. Dan setelah terpilih sambil menunggu SK pelantikan, dia juga terlihat turun langsung melihat dari dekat ke TPA Sumompo.

Kunjungan Jumat hari ini, merupakan peninjauan langsung yang ketiga kalinya dilakukan Angouw, sebagai bukti komitmennya untuk segera menuntaskan persoalan sampah di Kota Manado yang sering dikeluhkan warga.

TPA Sumompo sendiri disebut-sebut sudah tidak lagi mampu menampung volume sampah di Kota Manado yang makin hari makin banyak. Untuk itu, pemerintah pusat sedang membangun TPA Modern Ilo-ilo di Minahasa Utara.

Namun Walikota Andrei Angouw mengatakan, sambil menunggu selesainya TPA Ilo-ilo yang nantinya akan mengkonversi sampah menjadi sumber tenaga listrik itu, perlu ada solusi jangka pendek dalam penanganan sampah di Manado. (sbr/*)