oleh

Walikota Andrei Angouw Beber Penyebab Banjir di Manado

Manado, Komentaren.net – Walikota Manado Andrei Angouw mengungkapkan, beberapa hal yang menjadi penyebab dan pemicu banjir di Kota Manado. Di antaranya masalah drainase dan sampah yang menumpuk, serta pemukiman di bantaran sungai.

Hal itu disampaikan Angouw ketika menerima Panitia Penyelenggara SMANSA Manado Peduli Lingkungan di bawah pimpinan Brigjen Pol. Drs. Victor J. Lasut, M.M dan Sekretaris Ir. Lentji Riny Ngangi, M.Si, di ruang kerja Walikota Manado, Jumat (21/05/2021).

Lasut dkk dalam kesempatan itu menyatakan kesiapan untuk mendukung program-program Pemerintah Kota Manado, terlebih khusus dalam bidang lingkungan hidup. Salah satu dukungan adalah program bagaimana meminimalisir banjir. Mereka juga memprogramkan penyiapan biopori dalam bentuk drumpori di berbagai kelurahan.

Walikota Angouw menyambut positif hal itu, dan mempersilakan program tersebut dilaksanakan. Dia menilai, hal ini itu akan berdampak positif dan akan membantu Pemerintah Kota dalam hal  penanganan lingkungan hidup .

Terkait soal banjir yang kerap melanda di sejumlah tempat di Kota Manado, Angouw menyentil beberapa hal yang menjadi pemicu. Di antaranya kata Angouw adalah masalah drainase, serta sampah yang menumpuk di setiap kelurahan dan lokasi-lokasi tertentu.

Walikota pun memaparkan konsep pengelolaan sampah yang sedang dilakukan pihaknya, termasuk mengharapkan agar tempat pengelolaan sampah di ilo-ilo cepat beroperasi.

Soal pemukiman di bantaran sungai juga ikut diungkapkan Angouw. “Ini juga menjadi salah satu sebab banjir karena mengecilnya sungai-sungai yang ada di Kota Manado,” ungkap Walikota Andrei Angouw.

Selain itu, estetika kota seperti ornamen-ornamen yang ada di jalan-jalan protokol, juga ikut diungkap oleh tim, dan akan dibenahi serta  dibersihkan, agar Kota Manado terlihat bersih dan menarik. (sbr/*)