oleh

Wagub Kandouw Hadiri Perayaan HUT ke-593 Minahasa

Komentaren.net-.Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey hadir dalam rapat paripurna HUT ke-593 Kabupaten Minahasa di Aula Gedung Walenetou Tondano, Minahasa, Jumat (5/10/2021).

Wagub Kandouw hadir bersama Sekretaris TP PKK Provinsi Sulut, dr Kartika Devi Tanos. Kesempatan itu, Kandouw mengatakan perayaan HUT ke-593 Kabupaten Minahasa menjadi momentum untuk melakukan kontenplasi, intropeksi dan evaluasi.

“Maksudnya, agar dapat dipahami bersama hal-hal apa saja yang sudah dicapai, dan yang belum dicapai untuk mendorong pembangunan yang mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengakui mantapnya pembangunan di Provinsi Sulut indikatornya ada di kabupaten/kota.

“Seperti indeks pembangunan manusia, pengurangan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, itu menjadi variabel utama kabupaten/kota. Contohnya, kalau di Minahasa turun, pastinya provinsi juga ikut turun,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Kandouw, harapan Gubernur Olly Dondokambey agar semua komponen masyarakat Minahasa baik bupati/wakil bupati dan legislatif, mempunyai paradigma pembangunan yang holistik.

“Tidak parsial-parsial. Tidak menjadi alasan walaupun di tengah fiskal kecil karena diperhadapkan dengan tranfer daerah yang berkurang. Tapi harus ada inovasi dan terobosan,” sebutnya.

Ia menambahkan, momentum HUT ke-593 Minahasa menjadi kesepakatan bagi para bupati/wali kota di Sulut untuk mendorong kemakmuran masyarakat lewat kerja sama, koordinasi dan sinergi.

“Mari kita dukung dan support bersama pembangunan di Minahasa agar dapat lebih baik dari tahun kemarin. Dirgahayu Minahasa. Tuhan melindungi daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring (ROR) didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey, memberi apresiasi atas kinerja jajaran Pemkab Minahasa dengan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai.

“Sudah banyak yang kita kerjakan, tetapi masih banyak juga yang harus kita lakukan untuk meningkatkan pembangunan yang mensejahterakan masyarakat,” ujar Bupati ROR.

Ia mengakui, sinergi dan koordinasi baik bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota lain, menjadi satu dorongan memacu program pembangunan Pemkab Minahasa untuk masyarakat.

“Mewakili masyarakat dan Pemerintah Minahasa, kami menguncapkan selamat HUT ke-593 Kabupaten Minahasa,” pungkasnya.
(*/stvn)