oleh

Wacana Provinsi Nusa Utara Kembali Digaungkan

KOMENTAREN.NET, Manado – Wacana pembentukan Provinsi Nusa Utara segera dimatangkan dan dalam waktu dekat panitia pembentukan segera menggelar pertemuan untuk membicarakan persiapan agar pembentukan segera terealisasi. Hal ini disampaikan legislator Sulut, Winsulangi Salindeho, Selasa (15/10) kemarin.

Menurutnya, jika mengacu pada syarat administrasi pembentukan daerah otonom, memang belum terpenuhi, namun jika melihat urgensi untuk keamanan dan kepentingan masyarakat yang ada diwilayah perbatasan diharapkan ada perlakuan khusus, agar pembentukan Provinsi Nusa Utara dapat direalisasikan.

“Pemekaran dua Kabupaten untuk memenuhi syarat pembentukan provinsi justru akan menambah anggaran, tapi untuk wilayah perbatasan kiranya ada perlakuan khusus,” kata Salindeho.

Lanjut legislator dapil Nusa utara itu, desakan realisasi pembentukan Provinsi Nusa Utara karena Presiden Jokowi membuka peluang adanya pemekaran daerah otonom baru diwilayah Papua. “Jika Papua bisa maka Nusa Utara yang merupakan wilayah perbatasan juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama karena memang sangat layak,” tegas Salindeho, sembari menambahkan akan segera mengumpulkan tokoh-tokoh masyarakat Nusa Utara.

“Wacana pembentukan Provinsi Nusa Utara bukan untuk kepentingan kelompok tertentu tetapi untuk tujuan lebih memberikan otonomi bagi pelaksanaan administrasi pemerintahan agar pengelolaan wilayah perbatasan lebih fokus, terutama dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (mon)