oleh

Wacana Pilkada Tanpa Wakil Kepala Daerah, AK: Lebih Efisien dan Efektif

KOMENTAREN.NET, Manado – Legislator Sulut, Arthur Kotambunan menilai wacana dari pemerintah pusat untuk Pilkada nanti hanya kepala daerah patut diapresiasi. Hal ini menurut politisi PDIP itu, lebih efisien dan efektif.

“Kita berkaca dari Pilkada-pilkada sebelumnya. untuk Pilkada yang hanya akan dipilih kepala daerah sangat baik dan efektif. Tentu parpol-parpol akan setuju. Kemudian, ASN yang meniti karir akan berpeluang dipilih menjadi wakil kepala daerah. Jadi manfaatnya sangat besar,”nilai Kotambunan.

Dirinya juga mengatakan, manfaat lainnya adalah pasti terjadi keharmonisan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. “Banyak contoh kepala daerah dan wakil sering “berkelahi”. Jadi, jika wacana ini diterapkan pasti harmonis. saya pikir tidak sulit hanya revisi Undang-Undang Pemilu saja. Nanti diatur lebih lanjut dalam Peraturan KPU,” sambungnya.

Ditempat terpisah, pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka mengatakan wacana tersebut juga sangat bermanfaat. “Justru saya usul wakil kepala daerah ada dua orang yang diangkat atas usulan kepala daerah terpilih. Dengan adanya dua wakil kepala daerah, posisi ke asistenan tidak perlu ada lagi. Akan lebih efektif dan efisien,” nilai Tumbelaka.(mon)