oleh

Wabup Hadiri Sidang Paripurna Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Bolmong

KOMENTAREN.NET, Bolmong – Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow (Bolmong) terkait dengan pengambilan sumpah dan janji Pimpinan Dewan Definitif masa jabatan 2019-2024 digelar, Kamis (24/10/2019) kemarin di ruang rapat Gedung Kehormatan DPRD-Lolak. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Yanny R Tuuk STh MM.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Yanny R Tuuk menyampaikan selaku pribadi, keluarga dan atas nama Pemkab Bolmong serta Warga Masyarakat  mengucapkan selamat bertugas dan selamat mengemban amanah rakyat. “Peresmian dan pengambilan sumpah janji kali ini merupakan momentum yang baik, untuk menyegarkan kembali ingatan kita terhadap tugas utama Anggota DPRD sebagai corong dan sebagai penyambung aspirasi masyarakat. Sebab kursi DPRD yang diduduki saat ini merupakan amanah dan kepercayaan rakyat,” kata Wabup sambutan mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Lanjutnya, sesuai dengan amanat pasal 149 Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota, harus menjalankan fungsi pembentukan peraturan daerah anggaran dan pengawasan. Ketiga fungsi itu kata dia, dapat dilaksanakan dengan baik apabila ada kerja sama. Bukan hanya di internal DPRD itu sendiri, melainkan juga dengan jajaran ekskutif dan berbagai pemangku kepentingan. “Iya, dalam konteks otonomi daerah di era globalisasi saat ini, eksistensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan. Mengingat DPRD selain merupakan representasi rakyat di daerah, juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” ujarnya.

Dengan kedudukan tersebut kata Wabup dua periode itu, DPRD diharapkan dapat memperlihatkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang yang diamanatkan Undang-undang. Menurutnya, keberadaan pimpinan mejadi penting dan strategis. Sebab dalam konteks penyelenggaraan pembangunan daerah, pimpinan merupakan jembatan penghubung melalui mekanisme dan konsultasi. “Hal itu selaras dengan prinsip dasar dalam hubungan kemitraan. Yaitu bahwa kebijakan pembangunan daerah harus dibicarakan antara kepala daerah dengan DPRD selaku wakil rakyat. Kami selaku pihak eksekutif meyakini tugas pimpinan sebagai jembatan tidak akan menemui kendala. Karena antara Pemkab Bolmong dan DPRD Bolmong sesungguhnya memiliki visi yang sama dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan, sebagaiman yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2017-2022,” tutur Yanny.

Pihaknya juga meyakini bahwa, segenap pimpinan dan anggota DPRD mampu melaksanakan ketuga fungsi utama diatas secara proporsional, dan akan mampu tampil sebagai penyeimbang sekaligus penyemangat kinerja eksekutif selama lima tabun kedepan. “Juga diharapkan akan tercipta kemajuan dan kesejahteraan rakyat bolmong yang sama-sama kita cintai,” ungkap ketua DPC PDIP Bolmong itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Welty Komaling sekaligus pimpinan rapat menuturkan, pengucapan sumpah dan janji kali ini bukanlah semata-mata dalam rangka memenuhi atau melengkapi struktur kepemimpinan dalam satu periode tertentu. Melainkan sebagai bagian dari perwujudan demokrasi dalam pelaksanaan dan tanggung jawab selaku lembaga representasi rakyat, juga untuk memberikan suasana batin yang mendalam sehingga lebih mempertegas tekad dan semangat dalam memikul amanat leluhur. Yaitu perwujudan cita-cita bangsa mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

“Dengan dilaksanakan pengucapan sumpah dan janji, berarti pimpinan DPRD definitif dapat melaksanakan tugas memimpin lembaga ini untuk memenuhi kewajiban sebagai wakil rakyat serta berkesempatan meningkatkan kinerja agar lebih memiliki arti dan peran dalam membangun daerah yang kita cintai bersama. Untuk itu, kami selaku pimpinan mengucapkan terima kasih terhadap Bupati, Wakil Bupati beserta jajarannya serta masyarakat bolmong. Kepada Parpol yang telah memercayakan kami, KPU, Bawaslu, Pengadilan Negeri Kotamobagu yang telah melantik, dan juga telah bekerja penuh dalam mensukseskan pemilu baru-baru ini,” tutup Komaling.

Sekadar diketahui, pimpinan DPRD definitif yang resmi ditetapkan masing-masing, Ketua Welty Komalin (PDIP), Wakil Ketua Sukron Mamonto (Nasdem), Abdul Kadir Mangkat (Golkar), turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Tahlis Gallang, para Asisten, Kepala SKPD, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Komisioner KPU, Bawaslu, Camat, Sangadi serta ASN di lingkup Pemkab Bolmong. (can)