oleh

Viral Soal Puasa GMIM, Ini Penjelasan Pdt Ricky Tafuama

SERUAN doa dan puasa dari BPMS GMIM pada Jumat (08/05/2020) lalu, sempat viral di media sosial. Pro kontra mencuat ketika Pdt Ricky Pitoy Tafuama mempertanyakan ajaran puasa yang menurutnya belum diatur di GMIM. Berikut pernyataan Pdt Ricky terkait alasannya mempertanyakan ajaran puasa di kalangan GMIM.

“Postingan saya Jumat (8/5/2020) lalu telah menimbulkan banyak perdebatan dan kontroversi, celaan dan hinaan serta kegusaran yg meluas diberbagai kalangan. Karena itu saya merasa terpanggil untuk meluruskan persoalan ini yang menurut saya karena salah paham dan paham salah, bahkan sebagian besarnya sih karena sok tau dan congkak rohani,” kata rohaniwan mantan jurnalis Koran Kompas ini.
Berikut pernyataan lengkap Pdt Ricky Tafuama.

  1. PERTAMA. Saya adalah salah satu dari Pendeta GMIM yg berpuasa (cat: supaya anda tau bahwa ada sebagian dari pendeta GMIM yg sudah tidak menyetujuinya dgn pertimbangan teologisnya sendiri). Dan, orang Kristen sebaiknya mengambil waktu2 terpenting dalam hidup berimannya untuk berpuasa.
    Lalu… mengapa saya berpuasa ??? Krn Yesus Kristus Tuhan kita berpuasa. Murid2/para Rasul berpuasa setelah Yesus naik ke sorga… gereja mula2 berpuasa.. Luther, Calvin dan Swingly berpuasa dan GMIM ada program DOA dan PUASA.
    So jelas toch ??
  2. KEDUA… tapi mungkin pemahaman akan puasa itu antara saya dan saudara BERBEDA baik MOTIVASI maupun TUJUANnya. Saya memahami PUASA itu dari ajaran Paulus kepada Timotius yakni hanya sebagai “SOMATIKOS GUMNASIA” atau LATIHAN BADANI yg terbatas faedahnya. Puasa untuk kita memperoleh disiplin badani, kesehatan, pengendalian diri dari amarah dan kesombongan serta perenungan akan cinta kasih.
    Bagi saya… diluar daripada motivasi dan tujuan tersebut adalah: KEKAFIRAN dan PENYEMBAHAN BERHALA. Paganisme!!!

Dan…Gereja yang mengajak UmatNYA utk berpuasa dgn motivasi dan tujuan:

  1. Mendapatkan pahala
  2. Memohon Pengampunan dosa
  3. Pengasihan Allah
  4. Menyiksa diri untuk membujuk Allah….

Adalah : GEREJA KAFIR dan PENYEMBAH BERHALA. PAGANISME !!!

Karena… tidak cukupkah Kasih Karunia Allah di dalam Yesus Kristus yg telah mati di Kayu Salib, Mati dan Bangkit ??? KasihNYA sudah sempurna untuk kita !

  1. KETIGA… karena ada bahaya atau ekses negatif dari paham salah tentang puasa ini, maka Gereja perlu membuat AJARAN TENTANG PUASA dan disinilah sebenarnya tujuan postingan itu…. (banyak yg sombong mengatakan di Alkitab sdh ada jadi ga perlu ajaran)
    Gereja perlu membuat ajaran karena itulah tugas gereja mengajar sesuai dengan perintah Kristus !!!
    Apa di GMIM sudah ada ajaran ttg puasa ini ??? Belum !!!! ( dan ini sudah diakui oleh banyak pihak pemangku kepentingan di GMIM) dan sampai hari ini tidak ada satu pihak manapun yg menunjukkannya. Yang muncul adalah dua tulisan masing2 dari Pdt Dan Sompe dan Pdt Melki Tamaka yg tanpa mengurangi rasa hormat kepada dua sahabat ini, itu adlah pendapat pribadi bukan GMIM.

SALUT utk Karel Najoan, senior Pdt Boyke Mait, Ketwil Pdt James Adriaan dan masih banyak lagi dalam forum FB FORUM PENDETA GMIM… mereka dgn rendah hati dan jujur mau menyatakan bahwa memang belum ada dokumen apapun yg dikeluarkan Sinode GMIM menyangkut AJARAN TTG PUASA… Rendah hati dan kejujuran memang barang langka di GMIM.

Kita berdoa semoga kedepannya hal ini bisa diadakan agar jangan banyak orang beriman umat GMIM yg menjadi KAFIR dan PAGANISME dan jatuh dalam pencobaan….

SOLI DEO GLORIA
(vil/*)