oleh

TNI Polri Kompak Dukung Pemkab Minahasa Terapkan PPKM

Minahasa, Komentaren.net – Kepolisian Resor (Polres) Minahasa siap kerahkan personel dalam rangka mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini dikatakan Plt Kapolres Minahasa AKBP. Tommy Bambang Souissa SIk, saat mengadakan pertemuan dengan insan pers di Rumah Kopi Teras Tondano, Selasa (6/7/2021).

Kapolres AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, didampingi Wakapolres Achmad Soetrisno SE, bersama Asisten pemerintahan dan kesra Pemkab Minahasa Dr Denny Mangala, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Herbeth Andi Amino Sinaga dalam pertemuan dengan wartawan menegaskan pihaknya mendukung sepenuhnya dan terlibat langsung PPKM.

“ Terkait penerapan PPKM dari pemerintah daerah, kami bersama pihak TNI terlibat langsung dengan menempatkan personel di pos-pos yang ada di pedesaan. Langkah ini kita tempuh bersama mengingat tren perkembangan penyebaran Covid-19 yang secara nasional terus mengalami kenaikan,” ujar Kapolres.

Oleh sebab itu, pengecekan arus ke luar masuk para pendatang di desa-desa, apalagi di wilayah perbatasan sangat penting agar terhindar dari sumber yang dikhawatirkan membawa virus masuk ke wilayah Kabupaten Minahasa.

“ Selain penerapan protokol kesehatan, yang tidak kalah penting yakni kesadaran masyarakat bahwa Covid-19 ada di mana-mana dan terus mengintai. Karena itu, seperti yang disampaikan Pak Asisten I ( Dr. Denny Mangala, red ) PPKM langkah yang harus didukung, agar dapat mencegah penyebaran virus Covid-19. Kerja sama antara pemerintah Polri dan TNI sangat penting dalam menunjang program ini,” papar Kapolres.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Minahasa, Dr Denny Mangala mewakili Bupati Minahasa menyampaikan tentang penerapan PPKM Mikro di pedesaan.

“ Aparat desa bersama masyarakat dengan melibatkan pihak TNI dan Polri bertugas di pos PPKM di setiap desa. Mereka bertugas untuk memeriksa dan mengecek setiap aktivitas ke luar masuk warga di Desa masing-masing,” ujar Mangala.

Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa, Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga SIP, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa aparat Kodim 1302 sangat siap dalam membantu pemerintah menerapkan PPKM.

” Ini tugas dan panggilan dalam menjaga NKRI, termasuk mendukung pihak pemerintah dan kepolisian dalam penerapan PPKM,” tegasnya.(nes)