oleh

Tim Penilai Lomba BUMDes Kunjungi Desa PinbetSel

Minahasa, Komentaren.net – Tim Penilai Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Kabupaten Minahasa, mengunjungi dan menilai Bumdes “ Usaha Bersama” Desa Pinabetengan Selatan (PinbetSel) Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa, Selasa (13/7/2021).

Hukum Tua (Kumtua) Desa PinbetSel, Wanly Lempoy Amd, Ak, mengatakan, saat ini tim penilai kabupaten Minahasa melaksanakan kunjungan guna menilai BUMDes “Usaha Bersama” desa PinbetSel. Dari hasil evaluasi oleh tim penilai tingkat kabupaten untuk BUMDes di desa PinbetSel dari tahun ketahun mengalami peningkatan, tetapi dari tim penilai juga tadi sudah menyampaikan apa saja kekurangan yang harus dilengkapi oleh pengurus BUMDes.

” Tentunya kedepan hal ini akan diseriusi dan menjadi evaluasi bagi kami pemerintah Desa selaku Hukum Tua dan juga pengurus BUMDes agar apa yang menjadi kekurangan di tahun ini akan dilengkapi dan dibenahi,” ujar Lempoy.

Untuk penyertaan modal BUMDes, lanjut dia, tahun ini memang belum disertakan karena anggaran digunakan untuk pandemi covid-19.

” Tahun depan mudah-mudahan penyertaan modal BUMDes dari sumber Dana Desa (DD) itu akan disalurkan, tentunya tergantung program atau proposal yang diajukan oleh BUMDes,” terangnya.

Iapun menyampaikan penghargaan dan terima kasih karena BUMDes desa PinbetSel telah dipercayakan untuk mewakili BUMDes yang ada di Kecamatan Tompaso Barat.

“ Ini merupakan suatu penghargaan bagi kami, dan semoga Kedepan BUMDes “Usaha Bersama” di desa PinbetSel akan terus berkembang, ” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Tompaso Barat Stefri Pandey, ST. MAP, mengatakan, khusus BUMDes telah dilaksanakan penilaian kinerja oleh tim penilai kabupaten Minahasa melalui dinas PMD.

” Dari hasil evaluasi dan penilaian yang ada, BUMDes ” Usaha Bersama” desa PinbetSel telah berjalan dengan baik, tetapi ada perbaikan-perbaikan dari sisi manajemen yang harus dilakukan agar kedepan target yang ditetapkan oleh pemerintah desa PinbetSel dapat di capai dan BUMDes ini boleh berkembang dan maju. Jadi sasaran dari pada penilaian ini dalam upaya memajukan BUMDes,” jelasnya.

Iapun berharap, dengan adanya lomba BUMDes yang digelar saat ini akan memberikan motivasi bagi BUMDes di wilayah yang dipimpinnya untuk terus berinovasi dan berkembang.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Ekonomi Desa dan Teknologi tepat guna Dinas PMD Kabupaten Minahasa, Deifry Mokolensang SPt menjelaskan bahwa tujuan perlombaan BUMDes tingkat kabupaten untuk melihat kemajuan BUMDes yang ada di kabupaten Minahasa.

” Dengan menilai BUMDes yang dianggap dan dinilai terbaik oleh kecamatan masing-masing,” ujar Mokolensang.

Jadi, tambahnya, tujuan akhir dari penilaian ini diharapkan ada BUMDes yang bisa maju dan bersaing.

Dan hal ini harus dilaksanakan terus-menerus karena memang secara jujur BUMDes yang ada di kabupaten Minahasa dengan daerah lain mungkin harus dibenahi.

” Sebagaimana harapan dari kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD,red) di Kabupaten Minahasa atau di setiap kecamatan ada BUMDes yang maju dan bisa di unggulkan,” pungkasnya.

Diketahui, Perlombaan diikuti oleh 22 BUMDes yang ada di 22 Kecamatan.(nes)