oleh

Terkait Jenazah di RSPK, 15 Orang Bakal Diswab

Banwas

HASIL swab positif Covid-19 terkait jenazah yang sempat viral di Rumah Sakit Pancaran Kasih (RSPK), langsung ditindaklanjuti pihak Gugus Tugas Covid-19 di Kota Manado. “Kemarin malam sudah dirilis yang mana pasien PDP di RSPK yang sempat viral secara nasional, yang mana almarhum sudah terkonfirm positif. Satgas Covid-19 Kota Manado bekerjasama dengan stake holder lainnya,  sudah melakukan antisipasi, akan melakukan swab terhadap KERT (kontak erat resiko tinggi). Kurang lebih ada sekitar 15 orang yang akan diswab,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado, dr Sanil Marentek dalam konferensi pers, Minggu (07/06/2020).

Dia juga menambahkan, akan dibentuk posko screening untuk melakukan rapid test terhadap kontak erat resiko rendah. “Rapid bagi resiko tingkat rendah di Ketang Baru dan Ternate Baru yang bersebelahan,” kata Sanil.

Dia juga mengimbau, bagi masyarakat yang merasa waktu itu berada dekat dengan jenazah, agar dengan kesadaran diri, mendatangi tim satgas terdekat untuk di-rapid test. “Mohon jangan ada lagi resistensi. Mari patuhi imbauan pemerintah untuk ikuti protap Covid-19, membantu memutus rantai corona. Apalagi di Manado masih naik-naik terus. Tolong kerjasama, jangan jadi seperti kasus kemarin itu, ada pemeaksaan dan resistensi,” katanya.

Sementara terkait jumlah kasus hari (07/06) ini di Kota Manado, Sanil mengatakan yang positif sudah mencapai 315 kasus, sedang dirawat 255 orang, 29 sembuh dan 31 meninggal. Dari pemetaan per kecamatan, Sanil menyebut, kasus yang menjadi atensi terdapat di Kecamatan Wanea dengan jumlah 123 kasus positif Covid-19. “Ini jadi atensi karena posisi kasusnya sampai 123. Masih banyak kontribusi dari cluster Pinasungkulan di kecamatan Wanea ini,” katanya. (vil/*)

UPDATE JUMLAH KASUS COVID-19

PER KECAMATAN DI MANADO (7 JUNI 2020):

Sario: 21

Wenang: 25

Bunaken: 5

Bunaken Kep: 0

Mapanget: 15

Tunminting: 23

Singkil: 27

Paal 2: 30

Tikala: 16

Malalayang: 30

Wanea: 123