oleh

Tatib DPRD Ditunda Disayangkan Legislator

KOMENTAREN.NET, Manado – Sejumlah Anggota DPRD Manado menyayangkan agenda pembahasan Tata Tertib (Tatib) Lembaga DPRD mengalami penundaan. Padahal pelaksanaan telah disepakati dilakukan kemarin hari. “Informasinya akan dilaksanakan pagi ini (kemarin) namun ditunda setelah jam makan siang. Kemudian informasi lagi nanti esok. Inikan kebiasaan buruk. Baru pertama saja sudah begini. Ini akan jadi preseden buruk lembaga,” kata Legislator Revanni Parasan, Selasa (20/08).

Dia mengatakan, lembaga dewan perlu ada perubahan terkait disiplin. Karena kejadian ini sudah berulang kali terjadi pada periode lalu. “Para anggota yang baru agar lebih disiplin. Sayang kita semua sudah menunggu sejak pagi. Jangan kebiasaan buruk yang lalu terulang kembali, kita ini kan baru mau mulai,” seru mantan ketua Komisi II itu.

Sementara Kepala Bagian Risalah Rapat dan Persidangan (RRP) Novly Siwi SH dikoonfirmasi tidak menampik terjadinya penundaan. Siwi membenarkan pembahasan penyusunan peraturan dewan tentang kode etik ditunda karena beberapa alasan. “Kami sudah menginformasikan agenda ini kepada seluruh anggota dewan. Memang agenda ditunda karena banyak anggota dewan yang tidak hadir karena ada kegiatan lain.

Saya sudah melaporkan kepada ibu ketua dewan sementara soal ketidakhadiran anggota dewan yang lain,” bebernya. “Menurut ibu ketua, baiknya ditunda agar esok dibahas secara bersama-sama. Karena menurut ibu, dengan kebersamaan akan memperlancar pembahasan dan ketika semua anggota terlibat dalam pembahasan, mereka akan memahami secara langsung isi dari tatib itu,” tukasnya.(rol)