oleh

Targetkan Semua Masyarakat Divaksin, Dandim 1302 Minahasa : Jangan Percaya Hoax

TONDANO, Komentaren.net – Komando Distrik Militer (Kodim) 1302 Minahasa targetkan semua masyarakat yang ada di 3 Kabupaten dan 1 Kota wilayah Teritorial Kodim Divaksin, hal ini dikatakan Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Herberth Animo Sinaga S.Ip, bertempat di Aula Makodim, Jumat (23/10/21) usai coffee morning bersama insan pers.

” Kami (Kodim 1302 Minahasa) berkolaborasi dengan dinas kesehatan kabupaten Minahasa. Memang ada distribusi vaksin dari Kesdam (Kesehatan daerah Militer,red) juga distribusi vaksin TNI yang ada di dinas kabupaten Minahasa itu juga sudah dihabiskan,” kata Dandim.

Jadi, tegas Dandim, targetnya semua masyarakat Divaksin, kecuali ada masyarakat yang mempunyai penyakit seperti yang di rekomendasikan dokter.

“Harapan kita semua seperti dalam rapat bersama forkopimda, semua masyarakat divaksin. Masyarakat jangan percaya hoax yang mengatakan ada cip disitu, kita sudah jelaskan bahwa vaksin itu cairan. Jadi masyarakat jangan percaya hoax,” tegas Dandim.

Menurutnya, masyarakat juga perlu diedukasi karena pemahaman masyarakat tidak semua sama. Vaksin itu ada tahapannya, dosis pertama kemudian ada senggang waktunya untuk menerima vaksin ke dua, itu adalah heart imunity nya .

” Saya sampaikan ke Danramil agar berkolaborasi dengan puskesmas untuk menyampaikan kepada masyarakat vaksin itu harus dua kali,” pungkasnya sembari menegaskan vaksin itu harus dilakukan dua kali.

Sekedar untuk diketahui, Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi. Cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang sekaligus adalah vaksinasi. (Dilansir dari Alodokter.com).(nes)