oleh

Tangani Covid-19, RS Awaloei Dapat Bantuan Ventilator dari Keluarga Dondokambey-Tamuntuan

RESMI beroperasi dan langsung menangani pasien Covid-19, RS (Rumah Sakit) Dr JH Awaloei mendapat sokongan penuh lewat bantuan alat kesehatan dari Keluarga Dondokambey-Tamuntuan. , Bantuan itu berupa satu unit ventilator, sebuah alat medis bantu pernafasan yang sangat penting bagi pasien Covid-19 akut.

Wujud kepedulian Keluarga Olly Dondokambey-Tamuntuan itu diserahkan melalui utusan keluarga Gubernur Sulut kepada Direktur RS Awaloei, Dr Boy Wajong M.Kes, Selasa (23/06/2020).

Wajong menyatakan apresiasinya yang tinggi atas sumbangan Keluarga Dondokambey-Tamuntuan, yakni alat medis yang akan membantu rumah sakit di Bilangan Jalan Raya Manado-Tateli, Kabupaten Minahasa itu, dalam menangani pasien Covid-19. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Dondokambey-Tamuntuan atas bantuan ventilator ini,” ungkap Wajong.

Seperti dilansir dari alodokter.com, Ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan. Ventilator sering kali dibutuhkan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri, baik karena suatu penyakit atau karena cedera yang parah. Tujuan penggunaan alat ini adalah agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup.

Melalui ventilator, pasien yang sulit bernapas secara mandiri dapat dibantu untuk bernapas dan mendapatkan udara layaknya bernapas secara normal. Mesin ventilator akan mengatur proses menghirup dan menghembuskan napas pada pasien. Ventilator akan memompa udara selama beberapa detik untuk menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien, lalu berhenti memompa agar udara keluar dengan sendirinya dari paru-paru. (vil/*)