oleh

Talumewo Buka Sosialisasi Program Nasional ASO

Minahasa, Komentaren.net – Mewakili Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, MSi membuka Sosialisasi Program Nasional Analog Switch Off (ASO) 2022 yang diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati, Kamis (28/4/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh semua Camat serta perwakilan Hukum Tua dan Lurah di Minahasa ini, menampilkan Nara Sumber personal Komisi I DPRD Provinsi Sulut meliputi Ketua Dra. Vonny Jane Paat, Wakil Ketua Herold V Kaawoan dan Anggota Imelda Novita Rewah, SPd, serta Komisioner KPID Provinsi Sulut, yakni Koordinator Kelembagaan Pengasihan Santo Amisan SPd, Anggota Merlyn Watulangkow, SH dan Anggota Meilany Rauw, SE, dengan Moderator dipandu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, SE, MSi.

Asisten Wenny Talumewo dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Dr (HC) Robby Dondokambey SSi, MM memberikan apresiasi kepada KPID Provinsi Sulut yang menggelar kegiatan di Kabupaten Minahasa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan nilai-nilai yang positif dalam berdigitalisasi di era moderen saat ini,” ujar Talumewo.

Lanjutnya, tak bisa dipungkiri bahwa saat ini penikmat media digital sudah lebih banyak dari pada media cetak. Karena, dengan disrupsi teknologi, industri media penyiaran mau tidak mau harus bertransformasi dan terus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital.

“Keuntungan digitalisasi yang dapat membuat cekupan informasi, harus diimbangi dengan proses penyiaran yang semakin ringkas, efisien dan jelas untuk dilihat. Namun tetap memegang prinsip informasi yang aktual, faktual dan akuntabel. Oleh karena itulah sosialisasi program nasional analog switch off diadakan,” ungkap Talumewo.

Menurutnya, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyiaran TV agar pemirsa di rumah mendapatkan gambar yang jenih dan suara yang berkualitas.

“Siaran TV Digital menggunakan modulasi signal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya untuk masyarakat Indonesia,” terang Talumewo.

Lebihlanjut dikatakannya, penyiaran dalam bentuk media TV sangat penting. Karena keberhasilan dan kebenaran liputan berita yang diberitakan untuk publik tergantung pada kualitas media penyiaran itu sendiri.

“Maka, seiring waktu berkembang, kita sudah semakin diberikan kemudahan untuk menjelajah diera digitalisasi ini, perlu terus diberikan kesempatan dan ruang untuk kita menikmati perkembangan teknologi ini lewat media penyiaran TV Digital,” urai Talumewo.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan digital. Dalam mendukung program nasional untuk beralih ke di TV Digital di Indonesia.

Ditempat yang sama, Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Sulut, Pengasihan Amisan SIP menjelaskan bahwa tinggal beberapa hari lagi siaran layanan analog akan dihentikan atau bergeser ke siaran digital.

Ia juga berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah di lima kabupaten/kota di Sulut, meliputi Minahasa, Tomohon, Bitung, Minahasa Utara dan Manado, untuk mendorong masyarakat dan keluarganya, agar jangan sampai ada kepanikan ketika nanti mereka mengakses siaran analog sudah tidak ada lagi.

“Kami sangat berharap bahwa upaya-upaya ini akan membuat masyarakat paham sehingga masyarakat tidak kaget ketika siaran analog sudah beralih ke siaran digital,”pungkas Amisan.

Dalam sessi pemaparan materi, para Nara Sumber masing-masing Ketua Komisi I DPRD Sulut Dra Vonny Jane Paat didampingi Wakil Ketua Herold Kaawaoan dan Anggota Imelda Novita Rewah sepakat mensuport KPID Sulut melakukan Sosialisasi ini.

“Sebagai mitra dari KPID, tentunya kami mendukung dan mensupport kegiatan ini agar berjalan dengan baik,” kata ketiganya sembari berharap agar peserta yang hadir dalam kegiatan ini bisa mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga mereka tidak kaget ketika nanti siaran analog sudah beralih ke siaran digital.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Moderator Kadis Kominfo Agustivo Tumundo.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama antara Nara Sumber dan Peserta kegiatan.(nes)