oleh

Survey Indonesian Observer: AA-RS Menang 38,5 Persen di Pilkada Manado

KOMENTAREN.NET – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado yang diusung PDIP dan Partai Gerindra, Andrei Angouw-Richard Sualang (AA-RS) akan menjadi pemenang apabila Pilkada Manado digelar hari ini.

Hal tersebut berdasarkan penelitian Indonesian Observer yang dipimpin oleh Andre Mongdong.

Melalui release yang disampaikan, elektabilitas Pasangan AA-RS mencapai 38,5 persen meninggalkan jauh paslon lainnya yakni Mor-HJP 25,9 persen, Paula-Harley 18,2 persen dan Pasangan SSK-SS 6-1 persen.

Peneliti Indonesian Observer melaksanakan survei 19-22 Oktober 2020 yang tersebar di 11 Kecamatan Kota Manado dengan jumlah responden sebanyak 522 orang. Margin of Error 4,52 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti juga ikut sertakan sebanyak 85 variabel dengan teknik survey wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuisoner.

Indonesia Observer juga menyampaikan elektabilitas sejak bulan Juli hingga Oktober, pasangan AA-RS terus meningkat.

“Penelitian ilmiah ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan gambaran/profil atas perilaku pemilih di Kota Manado. Adapun variabel yang diteliti berkaitan dengan preferensi pemilih terhadap calon-calon Walikota Manado. Kami sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu terlebih kepada adik-adik mahasiswa selaku surveyor petugas lapangan. Kami menyadari ada kekurangan, untuk itu kami mohon maaf,”ujar Andre Mongdong, Selasa (03/11).(mon)