oleh

Support Explore Likupang, Jajaran Dispar Sulut Jajaki Fasilitas Homestay Desa Pulisan

Pulisan, Komentaren.net – Jajaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulut dipimpin langsung Kadis Henry Kaitijily, menjajaki fasilitas homestay di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (08/04/2021).

Homestay adalah rumah warga lokal yang disewakan untuk tempat menginap para wisatawan. Homestay terdapat perlengkapan tidur lengkap dan tempat mandi. Ada juga homestay yang memberikan fasilitas air minum dan sarapan.

Jajaran Dispar Sulut bermalam di beberapa homestay desa tersebut, terkait pelaksanaan Rapat Koordinasi dan FGD yang digelar di Desa Pulisan.  

Dispar Sulut selaku Panitia Penyelenggara giat tersebut menjajaki  sejumlah fasilitas akomodasi penginapan/homestay di Desa Pulisan dan Marinsow yang berjumlah kisaran 70-an unit,  dimana beberapa pemiliknya telah merampungkan dan siap dioperasikan  di kedua desa dalam lingkar kawasan Destinasi  Super Prioritas (DSP) KEK Pariwisata Likupang.

Semisal homestay berlabel  Ade Leon yang menjadi tempat penginapan  Kadisparprov Sulut dan Staf. Di sela pertemuan,  owner dan juga pengelola homestay, Martin Sadedo diberikan support dan  kiat-kiat penguatan oleh Kadis Kaitjily, termasuk mekanisme tata kelola maupun aspek manajemen.

Homestay ini berkonstruksi Rumah Panggung 2 Lantai berbahan baku  Kayu, dimana  pemilik menempati lantai dasar dan tamu diposisikan di lantai atas dengan 1 kamar berukuran  4X3 meter.     

Selanjutnya sebagaimana Fasilitas  di sejumlah Homestay di Pulisan dan Marinsow ini, dilengkapi pula Ruang Tamu,  Teras dan Beranda yang lapang. serta tersedianya Toilet dan Shower.   

Jajaran Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, termasuk di antaranya Kabid Pengembangan Kelembagaan, Roy Saroinsong,  ketika  dimintakan tanggapannya selama menginap di Homestay Ade Leon, merasakan keramahan dan kehangatan pemiliknya, juga suguhan sarapan yang bercita rasa, termasuk nuansa alam pedesaan yang masih asri dan membuat betah.

Sementara, Kadisparprov Henry Kaitjily, ketika melakukan dialog bersama dengan Penjabat Hukum Tua Desa Pulisan Sjanet Markus,  mengharapkan di antaranya agar pemanfaatan sarana homestay di Desa Pulisan dengan menghimbau para warga, senantiasa tetap memperhatikan kebersihan, keramah tamahan, kenyamanan, juga utamanya faktor keamanan dan ketertiban di lingkungannya. 

Untuk mengantisipasi aspek Amenitas  bagi pemenuhan ketersediaan SDM dalam hal Hospitality, dirasa perlu untuk nantinya akan diberikan pelatihan bagi para pemilik Homestay, dalam hal penataan fasilitas, attitude maupun sarana penunjang lainnya.

Hal menarik lainnya ketika rombongan jajaran Dinas Pariwisata Provinsi Sulut yang bermalam di sejumlah Homestay di Desa Pulisan ini menyempatkan untuk mencicipi suguhan Festival Kuliner yang digelar untuk  mempromosikan Tagline “Explore Likupang”, berupa racikan menu santap siang berupa umbi-umbian, kue/penganan berbahan dasar sagu, maupun olahan  masakan Ikan Laut hasil tangkapan para warga setempat.(sbr)