oleh

Suntikan Ketiga Vaksin Sinovac Picu Kekebalan 10 Kali Lipat

China, Komentaren.net – Sejauh ini sosialisasi yang diketahui masyarakat bahwa vaksin Sinovac hanya disuntikkan dua kali. Namun begitu, pihak China sedang menguji klinis fase ketiga suntikan Sinovac, bakal memicu respons atibodi hingga 10 kali lipat dalam seminggu.

Hal ini ditegaskan Kepala Produksi Sinovac, Yin Weidong. Dikatakannya, dalam uji klinis kedua, menunjukkan bahwa ketika sukarelawan yang telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 Sinovac menerima suntikan ketiga setelah tiga dan enam bulan, respon antibodi di dalam tubuh mereka bisa melonjak sepuluh kali lipat dalam seminggu dan dua puluh kali lipat dalam 15 hari.

Sinovac menyebut suntikan ketiga vaksinnya sebagai booster. “Sinovac akan melakukan penelitian yang lebih menyeluruh dan lebih lama untuk menentukan waktu terbaik untuk menerima booster untuk masyarakat umum,” kata Yin dilansir Global Times, Selasa (08/06/2021).

Hanya saja Yin belum tahu pasti kapan suntikan ketiga dibutuhkan oleh penerima vaksin. “Setelah menyelesaikan dua suntikan, tubuh kita sudah menghasilkan memori kekebalan. Adapun kapan suntikan ketiga akan dibutuhkan, tolong beri peneliti lebih banyak waktu untuk mempelajarinya,” tukas Yin. (sbr/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *