oleh

Sumber Panas Bumi Tahuna Barat Akan Dikembangkan

Joune

KOMENTAREN.NET, Tahuna – Dua lokasi sumber air panas bumi yang berada di Kecamatan Tahuna Barat mulai dilirik potensinya oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini dibenarkan Kepala Seksi Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sangihe, Nusarako Sehang dikonfirmasi wartawan pekan lalu.

Terkait memanfaatan sumber panas bumi dimaksud, pihaknya kata Sehang telah melakukan survey awal pada dua lokasi, masing-masing lokasi Saru Kadodo terletak di Kelurahan Panenekeng dan lokasi Bongkong Bia di kelurahan Angges. “Jadi dua lokasi potensi sumber panas bumi yang telah dilakukan survey awal, yakni di Kelurahan Panenekeng oleh masyarakat setempat disebut Saru Kadodo dan Bongkong Bia di Kelurahan Angges,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, berdasarkan hasil tinjauan dan survey awal, juga telah ditindak lanjuti oleh Pemkab Sangihe melalui pengiriman proposal ke pemerintahn pusat yang langsung ditanda tangani Bupati Jabes Gaghana SE,ME melalui Badan Geologi Kementerian Engergi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. ”Dari pengumpulan data dan hasil survey sudah kami tindak lanjuti dalam pengusulan berupa proposal yang telah ditanda tangani pak Bupati untuk dikirimg ke Kementerian Sumber Daya Mineral RI,” kata Sehang.

Ia mengaku optimis dua lokasi sumber panas bumi di Kecamatan Tahuna Barat tersebut bakal diseriusi kementerian, apalagi telah ada keseriusan dari Pemkab Sangihe yang hendak memanfaatkan kedua lokasi strategis itu sebagai kawasan pariwsata. Sementara itu Sekda Edwin Roring SE,ME dikonfirmasi terpisah, meminta masyarakat setempat turut menunjang rencana pengembangan sumber air panas dimaksud sekaligus bersama-sama dapat menjaga agar potensi daerah tersebut tetap besih dan terjaga dengan baik, termasuk kedepan bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat. ”Diharapkan pemerintah kelurahan dan kecamatan juga turut memantau dan mengawasi kebersihan dikedua lokasi sumber panas bumi tersebut,” ujar Roring.(ver)