oleh

Sulut Mulai Surplus Beras, Olly Ajak Perkuat Ekonomi Lewat Pertanian

GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey kembali menegaskan tentang pentingnya sektor pertanian sebagai penyanggah ekonomi di tengah masa pandemi ini. Hal itu disampaikannya ketika melakukan kunjungan kerja ke Kota Tomohon, Senin (27/07/2020).

Kehadiran Gubernur Olly di Tomohon terkait acara peletakan batu pembangunan bak air untuk pertanian, serta penyerahan bibit dan pupuk jagung manis kepada petani di Perkebunan Wawo.

Menurut gubernur, ini merupakan bagian dari agenda untuk memperkuat sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19. Dia pun mengajak agar menggalakkan pertanian.  

“Mari kita semua sama-sama perkuat ekonomi Sulut lewat pertanian. Salah satu contoh hari ini, kita boleh menanam bersama sama. Dan juga nanti akan diupayakan bak air agar air lebih banyak, sehingga walau tidak musim hujan, petani tetap bisa bertanam terus,” ungkap Gubernur Olly.

Sebagaimana pesannya selalu, Gubernur Olly optimis strategi pengembangan sektor pertanian di Tomohon dan daerah lainnya, dapat semakin maju dan mensejahterakan petani di Sulut.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita ke depan buat petani Kebun Wawo ini bisa berhasil bersama sama,” katanya. Menariknya aku Olly, pihaknya saat melakukan pengecekan di Bulog, ternyata Sulut sejak Covid-19 berlangsung, banyak orang mulai rajin turun ke sawah sehingga beras di Sulut mulai surplus. “Kita biasanya beli dari Makassar, dari Sulteng atau dari Surabaya. Sekarang kita sudah surplus, artinya kita tidak   lagi keluarkan uang ke luar daerah. Duit sekarang berputar di Sulut saja, dari kita ke kita,” ungkap Olly.

Hal yang sama juga dengan barito (bawang, rica tomat) kata gubernur. “Barito kita sekarang sudah kirim ke Maluku Utara, kirim ke Papua. Artinya duit dari luar masuk ke sini (Sulut). Ekonomi kita tumbuh. Makanya ini harus terus kita semua jaga supaya kegiatan pertanian bisa berjalan dengan baik,” tukas gubernur. (hms/vil*)