oleh

Sukseskan Program OD-SK, Disbun Sulut Optimalkan Komoditas Unggulan

Komentaren.net-.Guna mengurangi angka kemiskinan di Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Olly Dondokambey terus mengoptimalkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK).

Program ini pun mendapat dukungan dari Dinas Perkebunan (Disbun) Sulut dengan terus melaksanakan tugas membantu di bidang prasarana, sarana serta perbenihan.

Dikatakan Refly Ngantung selaku Kepala Disbun Sulut, bahwa selain tugas diatas, pihaknya juga terus berinovasi dengan melakukan pengembangan komoditas tanaman unggulan.

“Ada beberapa komoditas unggulan yang terus kami kembangkan, diantaranya kelapa dan kopi,” ujar Ngantung, Rabu (17/3/2021).

Di ketahui sebelumnya, untuk komoditas kelapa, Disbun Sulut sukses mengorbitkan varietas kelapa unggulan baru, yakni ODSK Lobu (Operasi Daerah Sukseskan Kelapa Lobu).

Sedangkan kopi ada produk Kopi North Celebes yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood, menstimuli fungsi saraf dan menambah energi.

“Bahkan, produk Kopi North Celebes pernah di kontrak pengusaha 1 ton perbulan,” tuturnya.

Dirinya bahkan menyebut, penyuluhan, pemasaran serta pembinaan usaha terus diperhatikan guna peningkatan ekonomi petani.

“Itu menjadi prioritas kami. Pandemi Covid-19 pun tak menghalangi kami untuk terus memberikan bantuan,” jelasnya.
(Stvn)