oleh

Spot Instagramable Santi Linow, Hasil Fotonya Bikin Takjub !

TOMOHON – Salah satu obyek wisata kekinian yang hadir di Sulawesi Utara Tahun 2021 ini, adalah Santi Linow. Destinasi wisata di Kelurahan Tondangow, Kecamatan Tomohon Selatan, Sulawesi Utara ini, memadukan keindahan alam warna-warni danau (Linow), taman bunga dan pemandangan Gunung Lokon. Tak heran jika Santi Linow kini jadi buruan sebagai lokasi favorit yang instagramable.

Yang menakjubkan, jika kita mengambil foto di ‘bukit bunga’ Santi Linow dengan latar  Danau Linow dan Gunung Lokon, hasil jepretannya sungguh menakjubkan dan unik. Pasalnya, latar yang terlihat dengan hamparan danau yang tenang, seperti lukisan raksasa. “Hasil latar fotonya memang lain. Bikin takjub. Terlihat seperti lukisan besar,” ungkap Ria Warokka, pengunjung Santi Linow.

Hal yang sama juga dirasakan Wartawan Komentaren.net saat mengambil foto dengan view background Danau Linow, Minggu (11/04/2021). Danau Linow yang membentang dengan air yang sangat tenang, seakan gambar lukisan besar tak bergerak dihiasi pepohonan dan pemandangan Gunung Lokon mengelilingi danau tersebut.

Hal ini diakui Aleksander July Chang, sang pemilik obyek wisata Santi Linow. Menurutnya,  keunggulan di Santi Linow, bisa mendapatkan foto taman bunga menyambung Danau Linow dengan latar Gunung Lokon dan hasilnya seperti lukisan.

“Tempatnya menyatukan 3 icon unggulan Kota Tomohon yang dapat dinikmati hanya di satu tempat, yaitu Taman Bunga yang begitu indah dengan berbagai jenis bunga yang ada, Danau Linow yang begitu mempesona, dan Kemegahan Gunung Lokon. Udaranya yang sejuk dan bersih serta tidak berbau belerang,” ungkapnya saat diwawancarai media ini.

Ditambahkannya, penamaan kata “Santi” Linow karena tempatnya yang tentram. “Tempat yang damai dan membawa kebahagiaan bergradasi cerah,” katanya. Dan memang berada di lokasi tersebut, begitu nyaman dan menyejukkan mata disertai pemandangan menakjubkan danau populis di Sulawesi Utara tersebut.

Secara historis, Danau Linow sendiri adalah danau yang terbentuk dari kawah purba 500 ribu tahun yang lalu dan merupakan kawah belerang yang airnya bisa memancarkan multiwarna.

Seperti dijelaskan Alekasander Chang, ceritanya Santi Linow itu dulunya adalah Desa Tondangow Tua sebelum pindah ke Tondangow yang sekarang. Dikarenakan ada satu keajaiban di situ, karena ada mata air di atas bukit yang tidak pernah kering dan tidak berbau, sehingga sampai saat ini membuat bunga-bunga di Santi Linow tumbuh subur dan indah.

Santi Linow sendiri mudah dijangkau. Sekitar 10-15 menit dari pusat Kota Tomohon. Mobil bisa masuk sampai di pelataran parkir luas yang disediakan pengelola. Begitu turun dari mobil, lokasi taman bunga Santi Linow sudah terlihat.

Menariknya, di lokasi obyek wisata tersebut tersedia sejumlah gazebo dengan berbagai corak menarik. Untuk masuk ke lokasi, per orang membayar Rp30 ribu dan diberikan ‘welcome drink’ berupa tea atau kopi susu, sesuai pilihan.

Di berberbagai spot dalam taman bunga, ada bermacam-macam gazebo menarik dengan pemandangan langsung ke Danau Linow dari ketinggian. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan indah tersebut sambil ngopi atau ngetea. Pengunjung juga bisa memesan berbagai snack dan makanan ringan lainnya. “Lokasinya indah dan adem serta sejuk,” aku Wempie, pengunjung lainnya yang diwawancarai. Namun kata dia yang terutama, lokasinya sangat instagramable. “Spotnya cukup banyak, dan hasil fotonya menarik dan unik,” katanya. (rik)