oleh

Skenario Pimpinan DPRD Manado, Anter-Laikun Apit Dondokambey?

KOMENTAREN.NET, Manado – Teka-teki siapa nantinya yang akan duduk di kursi empuk Pimpinan DPRD Manado, mulai terjawab. Untuk job ketua dari PDIP, terinformasi diberikan pada Legislator Dra Aaltje Dondokambey MKes, Demokrat Royke Anter SE serta Nasdem Andrei Laikun.

Skenario terkait politisi yang akan duduk di kursi pimpinan ini, kian ramai dibicarakan di internal lembaga. Nama Aaltje Dondokambey telah final. Sumber resmi Komentaren menyebut, PDIP telah memutuskan menugaskan Dondokambey di pucuk pimpinan lembaga terhormat. Sementara, di internal Partai Demokrat kabarnya sempat terjadi persaingan sengit antara dua legislator yakni Nortje Van Bone dan Royke Anter. Namun masih menurut sumber, nama Royke Anter lah yang akhirnya mendapatkan SK dari DPP Partai Demokrat sebagai wakil ketua dewan.

“Demokrat ini yang paling panas. Panasnya bahkan sampe di Jakarta,” celetuk sumber namun dengan hormat meminta namanya tidak diekspos wartawan. Dia mengatakan, Royke Anter memiliki kans lebih karena kedekatannya dengan Keluarga EE Mangindaan. Mangindaan diketahui adalah petinggi DPP sekaligus memangku jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut saat ini. Hal inilah yang membuat konstelasi persaingan memanas hingga di DPP. Sebab dilain pihak, Nortje Van Bone juga memiliki kedekatan serta hubungan yang baik dengan sejumlah petinggi DPP Demokrat, tak kecuali ipar Ketum SBY, Pramono Edhie. “Dalam politik semuanya bisa berubah. Masih ingat periode lalu, Royke Anter sudah mengantongi SK namun kemudian Van Bone yang akhirnya jadi ketua dewan. Ini menarik,” sebutnya. Sementara di internal Partai Nasdem, nama Andrey Laikun tiba-tiba mencuat. Bahkan SK-nya disebut-sebut sudah ada dan tinggal dimasukan ke sekretariat dewan. Sebelumnya tersiar kabar bahwa nama Frederik Tangkau lah yang ditunjuk Nasdem untuk duduk sebagai wakil ketua dewan. Dikonfirmasi wartawan, nama-nama di atas memilih cooling down sembari menunggu SK-nya dibacakan pada paripurna.

“Hingga saat ini saya masih ketua sementara tapi PDIP sudah rampung untuk semuanya. Baik untuk nama ketua dewan, fraksi dan AKD. Sabar,” ujar Aaltje tersenyum. Pun demikian dengan Nortje Van Bone dan Royke Anter serta Andrey Laikun yang seragam meminta wartawan untuk bersabar sampai menunggu SK dari partai mereka masuk dan dibacakan dalam paripurna.(yha)