oleh

Siapkan Rp500 M, Jokowi Perintahkan Bangun Jembatan ke Pulau Lembeh

TAK hanya Bandara Sam Ratulangi yang akan dibangun (diperluas dan diperbesar) tahun 2019 ini. Pasalnya, dalam kunjungannya di Sulut baru-baru ini, Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri PUPR agar membangun jembatan yang menghubungkan Kota Bitung dan Pulau Lembeh. “Untuk ke Pulau Lembeh juga supaya cepet,” ungkap Jokowi kepada wartawan usai meninjau KEK Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang, Kamis (04/07/2019)

Ketika ditanyai berapa dana yang disiapkan untuk itu, Jokowi pun menanyakan Menteri PUPR. “Ada 500 miliar,” kata menteri. Menurut Jokowi, akses jembatan ke Pulau Lembeh diperlukan karena Lembeh menyimpan potensi pariwisata yang besar. Pulau Lembeh memiliki luas 5.040 hektar. Kedalaman air yang ada di Selat Lembeh sampai 40-100 meter dan memiliki banyak spot bawah laut yang tak kalah dengan Bunaken.

Secara terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan siap mendukung infrastruktur untuk membangkitkan pariwisata di Sulawesi Utara. Khususnya untuk destinasi wisata populer di Manado. Salah satunya Pulau Lembeh. “Manado, Bitung, Pulau Bunaken, Pulau Lembeh dan Pantai Likupang menjadi topik pembicaraan Presiden Jokowi dengan Menteri di Kabinet Kerja,” ungkap Budi Karya saat mendampingi Presiden Jokowi di wisata Bunaken Manado, Jumat (05/07/2019). (nan/sbr)