oleh

SHS Buka Indonesian Trade & Tourism Festival 2019 di Manila

Memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina di tahun 2019 ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, melaksanakan kegiatan Indonesian Trade & Tourism Festival 2019 (ITTF 2019), bertempat di Pusat Aktivitas Mal Glorietta, Kota Makati 8-9 Maret 2019.
Acara yang dibuka Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) ini, dihadiri sejumlah Duta Besar negara sahabat serta korps diplomatik yang ada di Manila.
Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Filipina, Abdulgani Macatoman hadir dalam acara pembukaan, dan turut memberikan sambutan mewakili pemerintah Filipina. Turut hadir juga Ketua Mindanao Development Authority (MINDA), Secretary Dato Abul Khayr Dancal Alonto yang juga turut memberikan sambutannya.
Keduanya sangat menghormati dan menghargai kehadiran Sarundajang sebagai Duta Besar RI di Filipina yang walau belum berusia 1 tahun, namun telah berperan sangat aktif bagi kerjasama bilateral Filipina dan Indonesia.
Sebagaimana festival di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini menampilkan beragam destinasi wisata di Indonesia, menonjolkan paket-paket khusus yang ditawarkan agen dan operator perjalanan, dan banyak perusahaan penerbangan (airlines).
Festival ini juga menampilkan produk-produk makanan dan barang lainnya di 30 stand (booth), juga diundang usaha UKM dari Indonesia untuk mempromosikan produk-produk terbaik mereka, seperti barang berbahan kulit, batik dan pakaian berbahan tenunan, aksesoris, sepatu, produk perawatan tas, dan produk famasi.
ITTF 2019 dilaksanakan sepanjang hari, dengan 3 program khusus yang terbuka untuk umum. Pertama adalah Fashion Shows pada hari pertama dan kedua, menampilkan seni tradisional batik dan bahan tenun, dimana para pengunjung akan melihat contoh keindahan koleksi disainer dan pakaian tradisional yang dipadukan dengan asesoris.
Kedua adalah Business to Business Forum yang memfasilitasi para peserta pameran untuk menunjukkan profil perusahaan mereka ke para tamu pengunjung dari pengusaha-pengusaha Filipina, dengan kata lain bertujuan untuk membuka jalan kerjasama dan kolaborasi untuk keterikatan usaha yang lebih dekat.
Program ini dilaksanakan pada hari kedua tanggal 9 Maret 2019 jam 14:30-16:00 WITA.
Ketiga, festival ini menampilkan beragam musik dan tarian tradisional sebagai bagian dari program Pengalaman Kebudayaan yang kita miliki.
Pengunjung akan dihibur dan berinterkasi dengan para penari di atas panggung agar kegiatan menjadi ramai dan menarik.
Hadiah dan cenderamata dari perusahaan penerbangan serta agen perjalanan, juga meramaikan kegiatan ini. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menikmati cara melukis dan merancang batik menggunakan warna warni sintetis dan pewarna alami. Beragam kuis juga disiapkan kepada para pengunjung, dengan permainan yang bertemakan “seberapa  baik anda mengenal Indonesia”. (ist/*)