oleh

Sentra Medika Hospital Internasional Resmi Beroperasi di Minahasa Utara

RUMAH sakit berjaring nasional di bawah Sentra Medika Group resmi hadir di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara. Ini setelah rumah sakit kelas B Sentra Medika Hospital International di Minut, diresmikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Sabtu (09/09/2020).

Kehadiran RS Sentra Medika ini menambah daftar eksistensi rumah sakit di Sulawesi Utara di masa pandemi ini. Sebelumnya di Sulut telah hadir RS Awaloei di Tateli, Minahasa.

Pembangunan RS Medika mencapai total investasi Rp300 miliar, sebagaimana dikatakan Founder Sentra Medika Group, Drg. Suherman Widyatomo. Menariknya, dengan hadirnya rumah sakit modern ini, menyerap ratusan tenaga kerja yang diperkirakan mencapai 800  orang.

“Itu untuk tenaga kerja dokter dan non dokter serta keperawatan, non perawat kurang lebih 800 orang,” ungkap Widyatomo. Rumah sakit di Minut ini juga diharapkan menjadi hospital tourism. Pasalnya selain rumah sakit, juga dilengkapi fasilitas Hotel The Sentra bintang lima.

Layanan rumah sakit ini ditunjang peralatan medis teknologi modern, di antaranya Cardiovascular & Neuroscience Center, Comprehensive Radiology & Imaging Center, Dialysis Center, Urology Center (ESWL), Sentra Medika Hospital Eye Center, Stroke Center, TBC Center, Infertility Center Medical Rehabilitation Center dan Endoscopy & Laparoscopy.

Rumah sakit di Jalan Ir Soekarno Desa Maumbi , Kecamatan Kalawat Minahasa Utara ini menjadi kebanggaan bagi warga Sulut.  Sebab rumah sakit ini disebut-sebut RS Kelas B pertama di Minut bertaraf international yang berdiri di atas lahan 45.390 m², dengan bangunan seluas 35.500 m², 5 lantai, 1 lantai basement dan lahan parkir luas.

RS Sentra Medika pada tahap awal akan membuka kapasitas 200 tempat tidur, dan diharapkan akan membuka kapasitas penuh lebih dari 550 tempat tidur.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentunya berterima kasih karena sudah berpartisipasi dalam rangka pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang ada di Sulut. Terutama khususnya yang ada di Minahasa Utara,” kata GUbernur Sulut Olly Dondokambey saat peresmian RS Sentra Medika di Minahasa Utara tersebut.

“Kita seluruh masyarakat Sulut tentunya bersyukur ada orang yang mau membangun di bidang kesehataan di Sulut karena kita tahu kondisi sekarang rumah sakit juga sudah cukup banyak, tapi inilah tekad tentunya daripada vendor untuk membangun bersama – sama dengan kita di tengah kondisi ekonomi yang lagi terdampak,” ungkap Olly. (marvil)