oleh

Selang Tiga Bulan, 100 Babi Mati Karena Virus

KOMENTAREN.NET, Tondano – Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa menjelaskan bahwa kurang lebih 100 ekor babi di Kabupaten Minahasa selang tiga bulan terkahir mati mendadak akibat virus yang tidak kenal.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa Yeittij Fonnie Roring mengatakan bahwa beberapa daerah di Minahasa seperti Kakas Barat, Sonder, Tombariri Timur, Kawangkoan Barat dan Utara paling banyak ditemukan kasus tersebut.

“Mengantisipasi hal tersebut kami telah melakukan pencegahan dengan memberikan vaksinasi. Jalan satu-satunya yakni dengan melakukan pencegahan melalui vaksinasi yang dilakukan secara rutin dan tentu dengan cara itu bisa mengatasi kolera babi,” ucapnya didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Frankie Polii, Senin (07/10) kemarin.

Roring menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu hasil Laboratorium Balai Besar Veteriner Maros terkait wabah yang menyerang ratusan babi di Minahasa.

“Hasil uji lab nanti yang bisa mengatakan apakah jenis virus yang menyerang hewan ternak babi di Minahasa,” tambahnya.(bil)