oleh

Selama 13 Hari Polres Sangihe Gelar Operasi Ketupat

KOMENTATREN.NET, Tahuna – Terkait momentun Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, Polres Sangihe menggelar Operasi Ketupat Samrat, yang direncanakan selama 13 hari, sejak 28 Mei sampai dengan 10 Juni 2019.

Kapolres AKBP Sudung Ferdinand Napitu SIK dikonfirmasi wartawan mengatakan, Operasi Ketupat kali ini memiliki karakter tesendiri dibanding tahun-tahun sebelumnya, dengan alasan operasi dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan pemilu, yang notabene tingkat kerawanannya semakin kompleks. Karena itu kata Kapolres, perlu ada kesiap-siagaan seluruh personil dalam menghadapi setiap potensi gangguan kamtibmas selama operasi dilaksanakan.

Sebelumnya pada awal pekan lalu telah dilakukan apel gelar pasukan untuk mengawali operasi dilapangan. Menurut Kapolres ada dua hal mengapa harus dilakukan gelar pasukan. Yang pertama : Apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personil, peralatan dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas serta soliditas komponen penyelenggara. Kedua : Untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Kasat Lantas Polres Sangihe, Iptu Awaludin Puhi SIK dikonfirmasi terpisah mengatakan, sedikitnya 75 personil yang diturunkan dalam Operai Ketupat 2019. Juga ditegaskan, kesiapan Operasi Ketupat Samrat 2019 juga dilakukan khusus Satgas Kamseltib Car Lantas mengingat tingginya aktifitas kendaraan yang lalu lalang menjelang libur lebaran maupun pasca liburan. Sementara sejumlah titik yang menjadi sasaran operasi, diantaranya pusat perbelanjaan, tempat wisata, pelabuhan dan bandara. ”Disini kita melakukan pengamanan di tempat kedatangan mudik pelabuhan maupun bandara serta kawasan perbelanjaan yang sering ramai,” ungkap Puhi. Ditambahkan, pelaksanaan Operasi Ketupat tetap melibatkan sejumlah pihak terkait maupun instansi teknis lainnya, termasuk membutuhkan dukungan masyarakat demi sukses kegiatan operasi serta kondusifnya situasi keamanan.(ver)