oleh

Sekdaprov Silangen Ingatkan Pentingnya Bersatu Hentikan Pandemi Covid-19

SEKRETARIS Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara, Edwin Silangen mengingatkan pentingnya bersatu dalam mengentikan pandemic Covid-19. Hal itu disampaikannya  ketika memimpin evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran dan program/kegiatan APBD dan APBN Perangkat Daerah (PD) Pemprov Sulut, di Ruang FJ Tumbelaka, Kantor Gubernur Sulut, Senin (13/07/2020).

Sekdaprov Silangen mengatakan, pesan Gubernur Olly Dondokambey kepada seluruh PD, agar terus bersatu menangani pandemi Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun.

“Pengarahan Pak Gubernur bahwa di tahun 2020 ini kita mendapatkan tantangan berat. Secara global kita menangani pandemi Covid-19. Kita berupaya bersama-sama agar pandemi berhenti. Jika kita tidak bersatu pandemi tidak akan berhenti,” ungkap Silangen.

Disamping itu, Silangen memberikan motivasi kepada seluruh PD untuk meningkatkan penyerapan anggaran di triwulan 3 tahun 2020. “Kita harus memanfaatkan sisa waktu untuk memacu penyerapan anggaran. Jika ada yang lambat maka bulan depan harus meningkatkan penyerapannya,” kata Silangen.

Lebih lanjut, Silangen menerangkan bahwa kerjasama dan kekompakan antar PD di lingkup Pemprov Sulut menjadi salah satu kunci keberhasilan menjalankan program pembangunan di Sulut. “Penyerapan anggaran tidak tergantung kepada keberhasilan satu instansi saja. Harus ada kerjasama antar instansi,” imbuhnya dilansir website resmi Pemprov Sulut.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan rapat awal persiapan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan HUT Provinsi Sulut ke- 56. Asisten 3 Pemprov Sulut Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu yang juga Ketua Panitia kegiatan tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan HUT RI tahun ini berbeda dari sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Berdasarkan arahan pemerintah pusat, upacara bakal digelar tanpa melibatkan banyak orang sesuai anjuran protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Untuk itu, tamu undangan dan masyarakat dapat mengikuti upacara secara virtual. (hms/*)