oleh

Sejarah Baru, Gubernur Olly Pimpin Upacara HUT RI ke-75 di Era Covid-19

UPACARA kenaikkan bendera memperingati HUT Proklamasi RI ke-75 yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Senin (17/08/2020), merupakan sebuah sejarah baru karena dilaksanakan dengan protokol khusus di era pandemi Covid-19.

Meski upacara dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun tetap berlangsung khidmat.
Sejarah baru ditandai Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang menjadi gubernur pertama bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan HUT RI dengan protokol kesehatan. Hal ini diakui Gubernur Olly.


“Ada sejarah baru. Jika tahun depan sudah tidak ada lagi Covid-19, sudah tidak kedua kali torang upacara pake masker,” ungkap Gubernur Olly usai memimpin pelaksanaan upacara tersebut.


Pada upacara ini, Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos MSi bertindak sebagai Komandan Upacara. Sedangkan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw bertugas membacakan Teks Proklamasi.

Saat pengibaran bendera merah putih, ada 10 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas khusus. Mereka dipilih khusus sebagai paskibraka di era kebiasaan baru akibat pandemi.

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghargaan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Sulut kepada Pemprov Sulut, Bantuan Rp 1 Triliun dari Kementerian Keuangan kepada Bank SulutGo untuk pemulihan ekonomi nasional di Sulut, dan Penyerahan bantuan dati Biro Kesra kepada LVRI Rp 300 juta.

Selain itu, penghargaan kepada PNS yang bekerja dari 1993 – 1 Desember 2019, lencana juga diberikan kepada Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS, Kepala BPKP Sulut, Kakanwil Kemenag Sulut, penghargaan Gerakan Pramuka pada Asiano Gammy Kawatu SE MSi dan ASN yang baru saja menyelesaikan program Lemhanas 2020, Dr Femmy Suluh MSi dan Dr Lynda Watania MSi.


Dalam pelaksanaan upacara HUT RI ke 75 ini, Gubernur Olly menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) atas prestasi Pemprov Sulut dengan capaian response rate tertinggi ketiga nasional dalam Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 yang digelar pada tanggal 5 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

Sedangkan sore harinya Pukul 17.00 Wita, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam penurunan bendera sang merah putih, dimana Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi bertindak sebagai komandan upacara.


Adapun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara penurunan bendera yaitu, Andre Alfa Kandou dari SMA 2 Ratahan, penggerek Algufransyah Dede dari MA Negeri 1 Kotamobagu dan pembawa bendera Salsabilla Maheswari Putri dari SMA Negeri 1 Manado.

Upacara penurunan bendera HUT RI ke-75, turut diikuti jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wakil Ketua TP-PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. Kegiatan yang menandai sejarah baru dalam peringatan HUT Proklamasi ini, berlangsung dengan lancar. (vil/sbr)