oleh

Sebulan Terjadi 90 Kasus Kebakaran di Manado

KASUS kebakaran di Kota Manado terus mengalami peningkatan. Data terbaru menyebutkan, sejak Januari hingga memasuki pertengahan September 2019, sudah terjadi 241 kasus kebakaran di kota ini. Bahkan data hanya untuk bulan September 2019 saja, sudah 90 kasus kebakaran terjadi.  

Jumlah ini termasuk tinggi. Pasalnya, kasus di bulan Agustus lalu hanya 64 kasus. Dan bulan-bulan sebelumnya tidak ada yangb melewati 20 kasus. Objek kebakaran didominasi rumah tinggal serta gedung dan bangunan lainnya, termasuk kebakaran alang-alang atau rerumputan. Terkait hal ini, Kepala Dinas Kebakaran Kota Manado M Sofyan AP mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai terjadinya kebakaran.

Apalagi Manado masih dilanda kemarau berkepanjangan disertai tiupan angin cukup kencang. “Memang sampai September ini sudah 241 kasus kebakaran terjadi. Sedangkan khusus untuk bulan ini 90 kasus. Masyarakat kami imbau tetap waspada,” ujar Sofyan via WhatsApp yang diterima wartawan, Rabu (18/09).

Menurutnya, pemicu terjadinya kebakaran rata-rata disebabkan hubungan arus pendek listrik atau korsleting serta penyebab lain seperti kompor gas, lilin serta human error lainnya.

Dia mengimbau ketika terjadi kebakaran, warga untuk tidak panik melainkan segera menghubungi call center Manado Siaga 112 atau telepon ke nomor 0431-864444. “Laporkan alamat tempat kejadian, objek yang terbakar melalui layanan telepon atau call center 112. Jangan panik,” pesannya.

Di satu sisi, guna memaksimalkan proses penanganan kebakaran, masyarakat juga diimbau agar tidak berkerumun di lokasi terjadinya kebakaran. Kerumunan warga akan mempersulit armada damkar masuk ke lokasi.

“Kami sangat mengharapkan bantuan masyarakat agar tidak berada di lokasi kebakaran pada radius 10 sampai 15 meter karena akan menggangu petugas damkar dalam penanganan dan pemadaman api. Selain itu berikan akses pada kendaraan untuk bergerak leluasa degan mensterilkan jalan pada lokasi kebakaran sampai pada radius 100 meter,” tukasnya.(yha)