oleh

Sandiaga Uno: Indah Sekali di Sini, Saya akan Kembali ke Likupang

Marinsow, Komentaren.net – Kunjungan pertama Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Sulawesi Utara, dimanfaatkannya dengan mengunjungi langsung lokasi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang, Minahasa Utara (Minut), Sabtu (07/03).

Salah satu desa yang dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno adalah Desa Marinsow. Menteri didampingi Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung. Selain mengunjungi homestay dan fasilitas pariwisata lainnya di desa wisata tersebut, Sandiaga juga melihat dari dekat keindahan pantainya.

Bupati Minut Joune Ganda menyambut gembira perhatian khusus Menparekraf Sandiaga Uno terhadap pengembangan pariwisata di Likupang.

Bahkan bersama Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin Lotulung, melepas sepatu dan merasakan langsung halusnya pasir putih di pesisir pantai. Lalu apa kesan Sandiaga Uno?  

“Saya terkesan. Pak bupati, (ini) indah sekali Pak. Potensi (pariwisata, red) yang luar biasa. Kiranya ini memberikan semangat untuk bangkit kembali. Masyarakat sudah 1 tahun alami situasi yang sangat berat. Karena itu saya berkomitmen akan kembali ke Likupang untuk memastikan infrastruktur destinasi super ini mendapat perhatian khusus pemerintah (pusat), terutama keberlanjutannya,” tukas Menteri Sandiaga yang disambut gembira dan tepuk tangan masyarakat yang tururt mendengarnya.

Mendengarnya, Bupati Joune Ganda menyambut gembira apa yang disampaikan Menteri Sandiaga. “Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten (Minut) mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat. Dapat kunjungan Pak Menteri ini adalah dukungan luar biasa bagi kami. Dan kita akan nantikan kunjungan-kunjungan berikutnya, terutama adanya iven-iven yang akan dilakukan di sini. Sebagai pemerintah daerah, kami sambut sukacita dan akan mendukung,” tegas Joune Ganda.

ASAL BAPAK SENANG

Secara terpisah, Menparekraf Sandiaga Uno ketika menghadiri Gala Dinner Tourism and Creative Economy Investment Forum in North Sulawesi, dimana di dalamnya hadir kalangan investor dari luar dan pengusaha-pengusaha lokal menyatakan, akan terus mendorong iven di Sulut dengan penerapan protocol kesehatan yang ketat.   

“Berkumpul dengan protokol kesehatan ketat seperti ini, adalah relita terbaru. Kami akan mendorong lebih banyak lagi iven, agar kita lebih terbiasa. Ada satu spirit bahwa kita ingin bangkit, membuka lapangan kerja seluasnya, ingin bersatu untuk menghadirkan pariwisata dan eko kreatif yang lebih bagus ke depan,” katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan tidak ingin menerima laporan terkait hambatan di lapangan dalam pengembangan pariwisata berdasarkan ‘asal bapak senang’.

“Saya ke Desa wisata Marinsow tadi. Saya titip kalau kita kembangkan KEK Likupang ini, kita jangan hanya memikirkan masyrakat kelas menengah ke atas saja. Kita harus berdayakan desa-desa wisata, home stay, kearifan lokal khas pulisan, khas likupang,” tandasnya.

Sandiaga mengatakan, pihaknya bersama Pengusaha Peter Gontha akan membuat tim untuk bersama-sama mempromosikan dan mengevaluasi . “Kami bersama Pak Peter Gontha akan road show sama-sama, buat video menarik investasi, dan kita akan lihat tiap enam minggu akan kemajuannya. Kita evaluasi,” katanya.

Menteri menambahkan, “Saya tidak percaya laporan yang biasanya hanya bapak senang. Saya ingin lihat kemajuannnya dan masalah-masalah apa. Sehingga Pak Olly nantinya (Gubernur Sulut, red) akan tampil mengeksekusi jika ada masalah di tingkat operasional,” tukas Sandiaga. (rik/*)