oleh

Sah Suara Terbanyak, Joune-Kevin Berpeluang Cakada yang Dilantik Pertama

Banwas

KOMENTAREN.NET – Pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL), berpeluang besar sebagai cakada hasil Pilkada 2020 yang akan dilantik pertama.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut telah menetapkan Joune Ganda dan Kevin William Lotulung sebagai peraih suara terbanyak pada Pilbup Minut 2020. Pengesahan itu disampaikan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Selasa (15/12/2020) di Hotel Sutanraja, Kalawat Minut.

JG-KWL teratas dengan perolehan 69.633 suara. Sedangkan dua rivalnya, Sompie-Singal (31.763) dan Shinta Rumumpe-Agnes Pantouw (19.991) suara. JG-KWL leading jauh. Kecil peluang dua cakada lainnya untuk dikabulkan gugatannya.

Meski begitu, Ketua KPU Minut Stella Runtu menyatakan pihaknya memberi waktu 3 hari jika memang ada gugatan di Mahkamah Konstitusi.

Sesuai aturan, gugatan bisa dikabupkan jika memang obyek yang digugat mempengaruhi hasil perolehan suara. Tak berlebihan jika peluang JG-KWL dilantik pada Februari 2020 makin mulus jika melihat hasil suara yang berbeda jauh ini.

Dengan demikian, terbuka peluang Joune-Kevin akan menjadi cakada pemenang pertama di Pilkada Sulut 2020 yang akan dilantik duluan, mengingat Vonnie Anneke Panambunan dan Jopie Lengkong akan berakhir masa jabatannya dua bulan depan.(vil)