oleh

RSUP Kandou Sukses Tangani Jantung Bocor Tanpa Pembedahan


Komentaren.net-.RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado kembali berhasil melakukan penutupan Patent Ductus Arteriosus (PDA) dengan menggunakan alat terhadap seorang pasien anak berusia 5 tahun, pada hari Kamis, 2 Desember 2021.

Tindakan ini dilakukan oleh Tim Jantung Anak RSUP Kandou yang diketuai oleh Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) sebagai operator dan penanggung jawab pasien, didampingi dr. David Waworuntu Sp.A (K), dr. Monique P.F. Rotty, Sp.JP, tim jantung anak, tim anestesi, tim keperawatan serta tim penunjang RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado.

PDA merupakan salah satu dari kelainan jantung bawaan, dimana terdapat saluran yang menghubungkan pembuluh darah arteri pulmonalis kiri yang membawa darah kotor ke paru-paru dengan pembuluh darah aorta yang menghantarkan darah ke seluruh tubuh tetap terbuka setelah bayi lahir.
Pada keadaan normal, saluran ini akan menutup beberapa saat setelah bayi lahir. Hal ini lebih sering terjadi pada bayi prematur dibandingkan bayi cukup bulan.
Penutupan PDA sekarang ini dapat dilakukan tanpa pembedahan jantung dengan menggunakan alat oklusi yang dinamakan ADO (Amplatzer Duct Occluder) melalui tindakan yang dinamakan kateterisasi jantung.
Saluran yang masih terbuka dapat ditutup untuk mencegah efek jangka panjang dari PDA. Saluran yang ditutup pada kasus ini berukuran kurang lebih 6.8 mm yang dikategorikan sebagai ukuran besar untuk sebuah PDA.
Tindakan ini hanya memerlukan waktu selama 2 hingga 3 jam dan pasien dapat pulang pada keesokan harinya bila kondisi stabil. Dengan adanya tindakan penutupan PDA tanpa pembedahan ini diharapkan angka harapan hidup pasien menjadi lebih baik.
Ketua Divisi Kardiologi Anak, Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) menyampaikan ucapan syukur atas keberhasilan yang dilakukan oleh Tim Jantung Anak RSUP Kandou dan kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga proses penutupan PDA dengan ADO bisa berjalan dengan lancar.
Terima kasih juga dihaturkan atas dukungan yang telah diberikan oleh Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp,B-KBD, Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Umum Dr. dr. Ivonne E. Rotty, M.Kes, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Jehezkiel Panjaitan, Pelaksana Tugas Direktur Perencanaan, Keuangan, dan BMN Bapak Frets Melope, SE, MSi beserta seluruh jajaran RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou dalam upaya meningkatkan pelayanan jantung terutama pada pasien anak dengan penyakit jantung.
Sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan di Indonesia bagian timur, RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Manado akan terus melakukan pelayanan penutupan jantung bocor tanpa pembedahan sehingga pasien yang berada di wilayah Indonesia timur tidak perlu dirujuk ke senter pelayanan jantung pusat di Jakarta yang tentunya memerlukan biaya yang cukup tinggi dan juga waktu tunggu yang cukup lama.
(*/stvn)