oleh

RSUP Kandou Manado Kembali Berhasil Tutup Jantung Bocor 2 Pasien


Komentaren.net-.Tim Jantung Anak RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado, yang diketuai oleh Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) sebagai operator dan penanggung jawab pasien,kembali berhasil melakukan Tindakan Penutupan kelainan jantung bawaan ( jantung bocor) pada 2 pasien dengan ASD (Atrial Septal Defect), 1 pasien TGA ( Transposition of the great Arteries berhasil dilakukan tindakan BAS( Baloon Atrial Septostomi) untuk penyelamatan jiwa, Kamis (06/01) diruang Operasi Jantung Anak RSUP Kandou.

Tentu saja hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Tim Jantung Anak RSUP Kandou, di awal tahun 2022 berhasil menyelamatkan 2 anak dengan kondisi kelainan Jantung bawaan.

Untuk diketahui Atrial septal defect (ASD) atau defek septum atrium adalah kondisi ketika terdapat lubang pada dinding jantung (septum) yang memisahkan antara dua ruang jantung bagian atas (atrium kanan dan kiri). ASD merupakan salah satu kelainan jantung bawaan. Artinya, kelainan ini telah ada sejak seorang bayi dilahirkan.

Pada kondisi normal, darah pada ruang jantung sebelah kanan mengalir ke paru-paru untuk mengambil oksigen. Kemudian, darah yang sudah kaya akan oksigen kembali ke jantung melalui ruang jantung sebelah kiri. Pada bagian jantung sebelah kiri inilah darah yang beroksigen akan dipompa ke seluruh tubuh.

Namun, pada penderita ASD, darah yang beroksigen pada sebelah kiri dapat bocor dan bercampur dengan darah yang berada di sebelah kanan. Akibatnya, darah yang akan mengalir ke paru-paru meningkat, yang juga dapat meningkatkan tekanan pada paru-paru (hipertensi pulmonal). Oleh karena itu, kondisi ini seringkali disebut dengan kebocoran bilik jantung.

Sementara Transposition of the great arteries (d-TGA) adalah satu kelainan jantung bawaan (PJB) yang kompleks.

Untuk itu Tim Jantung Anak RSUP Kandou Dr. dr. E. David Kaunang Sp.A(K) Dr. David Waworuntu, Dr. Monique Rotty lewat laman facebook pribadinya menyampaikan ucapan Syukur atas pertolongan Tuhan juga ucapan terima kasih kepada Direktur
Direktur Utama, Dewan Direksi dan semua pihak yang telah membantu.

“Puji Tuhan di awal Tahun 2022 ( Kamis, 6-1-2022 ) Tim jantung anak RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado berhasil melakukan Tindakan Penutupan kelainan jantung bawaan ( jantung bocor) pada 2 pasien dengan ASD (Atrial Septal Defect), 1 pasien TGA ( Transposition of the great Arteries berhasil dilakukan tindakan BAS( Baloon Atrial Septostomi) untuk penyelamatan jiwa, kami ( Dr. David Kaunang, Dr. David Waworuntu, Dr. Monique Rotty) menyampaikan terima kasih Banyak atas Support dan bantuan dari Direktur Utama RSUP Kandou, Dewan Direksi dan semua pihak yg telah membantu yg tidak dapat disebutkan satu persatu dan kepada pasien dan Keluarga yg telah memberikan kepercayaan”,ungkap dr David.
(*/stvn)