oleh

RSUP Kandou Edukasi Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Komentaren.net-.Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou mengadakan Edukasi Kesehatan seperti Penyuluhan kepada Pasien dan Keluarga Pasien, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan Penyuluhan ini dilaksanakan di Poliklinik Bedah RSUP Kandou dengan Materi Penyuluhan tentang Infeksi Saluran Kemih oleh dr. Octavianus Umboh, Sp.PD

Dalam pemaparannya, dr Octovianus Umboh menjelaskan bahwa infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi.

“Umumnya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra,” katanya.

Dirinya menambahkan, ini berawal dari ginjal, zat sisa di dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urine. Kemudian, urine dialirkan dari ginjal melalui ureter, menuju kandung kemih. Setelah ditampung di kandung kemih, urine kemudian dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang disebut uretra, hingga bermuara ke lubang kencing.

Dijelaskan pula berdasarkan bagian yang terinfeksi, ISK terbagi menjadi ISK atas dan ISK bawah. ISK atas merupakan infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter. sedangkan ISK bawah adalah infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

“ISK atas lebih berbahaya dan dapat memicu urosepsis, yaitu kondisi ketika bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah. Urosepsis bisa mengakibatkan tekanan darah turun hingga syok, bahkan kematian. Gejala infeksi saluran kemih sangat beragam, di antaranya demam, sakit di perut dan panggul nyeri saat buang air kecil atau anyang-anyangan.Kencing terasa tidak tuntas muncul darah dalam urine,” tambahnya.

Begitu antusiasnya para audiens dengan materi yang dibawakan oleh Narasumber, dan langsung melontarkan beberapa pertanyaan seputar permasalahan penyakit yang dibahas, yakni Infeksi Saluran Kemih.

Sebagai bentuk apresiasi dari Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou yang dikomandoi oleh dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH terhadap masyarakat yangbtelahnikut berpartisipasi lewat memberikan pertanyaan dalam kegiatan edukasi kesehatan tersebut
maka kami memberikan gimik untuk keluarga pasien yang sudah memberikan pertanyaan.

Menutup kegiatan ini Sekretaris Instalasi promosi kesehatan dan pemasaran dr. Neni Ekawardani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada narasumber dan seluruh pasien dan keluarga yang mendampingi pasien telah berkenan mengikuti edukasi kesehatan.

“Kami dari instalasi promosi kesehatan dan pemasaran menyampaikan terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Semoga kegiatan hari ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan penyakit Infeksi Saluran Kemih,” pungkasnya.
(Stvn)