oleh

RSUP Kandou Berhasil Lakukan Tindakan Pacu Jantung His Bundle


Komentaren.net-.RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado berhasil melakukan tindakan pacu jantung his bundle yang pertama di Manado pada bulan Oktober 2021.

Tindakan tersebut dilakukan di RSUP Kandou oleh ahli elektrofisiologi jantung dr. Benny M. Setiadi, SpJP(K) dan melibatkan dr. Giky Karwiky, SpJP(K) sebagai supervisor tamu dari RSUP Hasan Sadikin Bandung

dr. Benny M. Setiadi, SpJP(K) mengatakan pacu jantung his bundle merupakan suatu teknik pemasangan alat pacu jantung yang paling baru di mana pacu jantung diletakkan pada sistim penghantaran listrik yang normal pada jantung.

“Dengan teknik ini, jantung dapat dipacu dan bekerja sesuai fungsi jantung yang normal, sehingga akan menghindari risiko pembengkakan dan penurunan fungsi jantung yang bisa dijumpai pada 20% pasien yang dilakukan pemasangan pacu jantung dengan metode biasa,” kata dokter Benny.

Selain itu lanjut dr benny, penelitian baru juga menunjukkan bahwa pacu jantung his bundle ini juga dapat dilakukan pada pasien gagal jantung kronis yang tidak terkontrol dengan terapi obat2 an, untuk membantu memperbaiki keluhan dan meningkatkan fungsi jantung.

“Tindakan ini sendiri merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan hanya dengan bius lokal dan melakukan sayatan sekitar 7 cm di daerah dada, dengan pemulihan yang cepat,” jelas Setiadi

Menurutnya tindakan pacu jantung his bundle terutama ditujukan pada pasien yang memiliki detak jantung yang terlalu pelan dan menimbulkan keluhan seperti pusing, pingsan, kejang, mudah lelah dan mengganggu kualitas hidup, serta pada pasien gagal jantung kronis yang tidak memberikan respon yang baik dengan pemberian terapi obat,” tuturnya.

Untuk diketahui Manado saat ini menjadi kota ke 6 di Indonesia, rumah sakit yang telah melakukan pemasangan pacu jantung his bundle, setelah Jakarta, Bandung, Palembang, Makasar, Surabaya dan Malang. Tindakan ini akan tetap dilakukan secara rutin di RSUP Kandou.

“Dengan pengembangan teknik baru ini diharapkan RSUP Kandou dapat memberikan pelayanan di bidang jantung yang lebih baik lagi untuk pasien, demi meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan angka kematian dan kesakitan,” ujar dr benny Setiadi.

Mewakili tim,dokter Benny juga menyampikan terima kasih kepada direktur utama RSUP Kandou manado Dr dr Jimmy Panelewen,SpB-KBD, dan jajaran Direksi yang selalu mengsuport kami dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.
(*/stvn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *