oleh

RS Dr JH Awaloei, Master Piece Seorang Dokter yang tak Kenal Lelah Melayani

DEDIKASI dan pengabdian seorang dokter kadang tidak dibatasi oleh umur. Ilmu dan pengalaman yang disandangnya untuk kemanusiaan, tetap kekal di tengah masyarakat. Bahkan di umur senja sekalipun, seorang dokter yang hebat mampu melahirkan ‘master piece’ yang bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak.

Adalah dr JH Awaloei Sp.PD.KKV, sosok dokter yang tak hanya mendedikasikan mengobati dan menyembuhkan pasien tanpa kenal lelah, namun pria berusia 86 tahun ini merupakan salah satu dokter ‘langka’ yang berangkat dari bawah dan sukses mendirikan sebuah rumah sakit (RS) modern dengan nama RS JH Awaloei yang kini berdiri megah di Tateli, Kabupaten Minahasa.

 Dr Awaloei ketika menghadiri Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran Unsrat Mei 2019 silam mengatakan, dalam pengabdiannya selama kurang lebih 40 tahun di dunia kedokteran, tidak pernah berpikir untuk menduduki posisi formal non medis. Tujuan utamanya adalah berupaya mengabdikan diri bagi masyarat dan membagikan ilmu bagi para generasi penerus, terlebih khusus di Fakultas Kedokteran Unsrat.

“Saya tidak berambisi, tapi berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado,” tandasnya seperti dilansir www.manadonews.co.id. Hal itu dibuktikannya dengan tetap melayani masyarakat (buka praktek) di usia yang tidak muda lagi.

Spirit pengabdiannya itu, merupakan inspirasi bagi kalangan dokter muda. Dan kini, dr Awaloei membukakan mata, bahwa dedikasinya disertai tekad yang kuat untuk memberikan yang terbaik, sukses menciptakan master piece, sebuah rumah sakit modern di Bumi Nyiur Melambai.      

Tak heran jika Rektor Unsrat, Prof Dr Ellen Joan Kumaat MSc.DEA mengatakan kekagumannya dengan sosok dr Awaloei yang tak hanya membaktikan diri sampai di usia senja, namun memberi inspirasi bagi kalangan sivitas akademika kedokteran Unsrat, dan juga masyarakat.

Senada, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberi apresiasi yang tinggi terhadap pengabdian dr Awaloei, bukan hanya di dunia kedokteran, namun kerja kerasnya turut membantu pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara, lewat kehadiran RS Dr JH Awaloei.  

“Pemerintah Provinsi Sulut bersyukur, karena ada putera daerah yang mau berinvestasi untuk membangun sarana prasarana (kesehatan) di Provinsi Sulut,” ungkap Gubernur Olly ketika berkunjung ke RS Awaloei baru-baru ini.

Jurnalis Senior Sulut, Fernandus Yusi Adam kepada www.komentaren.net mengatakan, dokter yang hebat adalah mereka yang berdedikasi mengobati dan menyembuhkan pasien, namun dokter yang luar biasa adalah mereka yang tak hanya mengabdi di bidang profesinya, namun mampu melahirkan rumah sakit. “Apa yang dilakukan Dokter Awaloei luar biasa, dokter yang terus mengabdi di usia yang tidak muda lagi, bahkan mampu mendirikan rumah sakit untuk masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

Hebatnya, kata Adam, RS Awaloei hadir di tengah pandemi corona dimana secara ekonomi tidak gampang menyelesaikan sebuah pembangunan gedung rumah sakit dengan fasilitas modern seperti ini. “Ini luar biasa,” imbuhnya lagi.  

Seperti diketahui, RS Awaloei akan beroperasi pada pekan depan. Dan kredit poin tersendiri, di awal operasinya, RS Awaloei akan langsung melayani pasien covid-19 di Sulawesi Utara. Tak tanggung-tanggu, RS seumur jagung itu langsung menyiapkan sebanyak 50 tempat tidur untuk pasien covid-19, dari total 180 tempat tidur dalam pengoperasiannya. Selain itu, rumah sakit ini berkomitmen melayani program BPJS. (vil/sbr)