oleh

Ratusan Warga Amurang Ikuti SosialIsasi BPOM

KOMENTAREN.NET, AMURANG – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado melakukan sosialisasi makanan dan obat berbahaya. Kepala BPOM Manado Dra Sandra MP Linthin Apt MKes mengatakan akses jual beli melalui produsen yang langsung ke konsumen atau masyarakat saat ini sudah dipermudah. Oleh karena itu, masyarakat sebagai konsumen harus paham barang yang akan dibeli.

Masyarakat, kata dia, juga harus dapat memastikan produk obat dan pangan yang digunakan aman dengan melihat apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. “Konsumen harus cek kemasan, label, cek izin edar dan kedaluwarsa. Jika semua terpenuhi baru boleh dikonsumsi dan beli. Masyarakat juga dapat mengecek nomor izin edar di google play hingga aplikasi BPOM terlebih dulu,” ujar Linthin dihadapan 900-an masyarakat di Golden, Kota Amurang, Minahasa Selatan, Jumat (29/03) pekan lalu.

Untuk lebih memberikan pemahaman pada masyarakat, Sandra kemudian menyontohkan registrasi obat generik dan obat paten kepada semua masyarakat yang hadir. Ngan melanjutkan, untuk obat generik yang bebas diperjualbelikan memiliki nomor registrasi REG NO GBL dan memiliki 15 digit angka. Obat ini bebas dijual di toko obat tanpa resep dokter.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, dr Verna Gladies Inkiriwang mengimbau warga tidak mudah tergoda dengan iklan produk kosmetik dari media sosial yang bersifat instan.

“Cara kerja kosmetik yang baik adalah bukan bekerja dengan instan,” ujar Inkiriwang yang diwakili staf khusus.

Inkiriwang berterima kasih kepada BPOM atas penyelenggaraan acara komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) terkait kosmetik yang harusnya dipakai.

“Agenda ini sangat bagus dan bermanfaat terhadap masyarakat karena masyarakat banyak mendapatkan informasi khususnya mengenai produk-produk kecantikan yang beredar di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Baginya informasi itu sangat penting, dan ia berharap kosmetik ilegal bisa diberantas sehingga tidak lagi menimbulkan korban. “Materi yang disampaikan sangat penting buat kita sehari-hari,” ujar istri tercinta Royke Kaloh SE MSi.(bil)