oleh

Rapat Paripurna DPRD Peringatan Hari Jadi ke-593 Minahasa, Glady Kandouw Sebut tentang Kearifan Lokal dan Semangat Mapalus

Minahasa,Komentaren.net – Peringatan Hari Jadi Minahasa bukan sekedar seremoni belaka, untuk itu jadikan momentum ini sebagai lembaran dari tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, sambil terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus, hal ini dikatakan Ketua DPRD Minahasa lll P E Kandouw SE, saat memimpin Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-593, bertempat di aula Wale Ne Tou Tondano, Jumat (05/10/21).

Menurutnya, dengan semangat Mapalus itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa ini secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonomi, yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonomi yang lain.

” Di momentum Hari Jadi Minahasa ini, rasa persaudaraan, torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan, baku-baku bae dan baku beking hidop, yang menjadi warisan leluhur Minahasa, sangatlah kental terasa. Refleksi ini teraktualisasi melalui dukungan dan respon seluruh komponen masyarakat Minahasa, dalam menunjang program-program pemerintah,” ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan tanah Minahasa pada khususnya, dan NKRI pada umumnya.

” Karena sejarah mencatat dengan tinta emas, bahwa rakyat Minahasa sejak berabad-abad lampau dikenal sebagai masyarakat yang dinamis, agamis dan hidup bermapalus. Sejarah mencatat pula dalam keluarga besar sebagai bangsa Indonesia, rakyat Minahasa senantiasa memberikan kontribusi positif dalam setiap momentum kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Momentum historis ini, tambahnya, mengingatkan kita tentang rintisan ide, gagasan, bahkan buah karya yang telah digoreskan oleh putra-putri terbaik tanah Minahasa dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi bagi kemajuan Minahasa, tanah Toar Lumimuut tercinta.

“Karena itu, sudah selayaknya kita menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada sesepuh pimpinan Minahasa dari waktu ke waktu, dan kepada semua elemen masyarakat yang ada di tanah Minahasa, yang telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah ini,” ujarnya.

Glady Kandouw juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw SE, yang telah berkomitmen menjadikan Sulut sebagai pintu masuk kawasan ekonomi bagi Indonesia dalam rangka menunjang Sulut menjadi lebih hebat kedepan.

“Penghargaan yang sama juga disampaikan atas program prioritas Bupati Minahasa Drs Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM serta jajarannya, yang sudah dan sementara dilaksanakan, termasuk pengembangan Danau Tondano secara komprehensif serta pembangunan rumah sakit daerah,” pungkasnya.

Turut hadir : Forkopimda Sulut, Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP dan Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong SE, segenap Anggota DPRD Minahasa, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, para mantan Bupati dan Wakil Bupati, undangan lainnya, para Hukum Tua se Minahasa.(nes)