oleh

Raih Indonesia Awards 2020, OD Tokoh Panutan “Kebanggaan Indonesia”

KOMENTAREN.NET – Warga Sulawesi Utara patut berbangga. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey (OD) terpilih sebagai peraih Indonesia Awards 2020 dengan tajuk “Kebanggaan Indonesia” yang digelar Stasiun Televisi iNews (MNC Group), Rabu (07/10/2020) malam.

OD terpilih lewat penilaian tim juri, di antaranya juri kehormatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT).

Gubernur Olly menerima award atas dedikasi, prestasi dan konsistensinya dalam membangun negeri, terlebih khusus di Sulawesi Utara. OD masuk dalam tokoh yang memenangkan Indonesia Award (IA)-IV 2020 pada kategori bidang Pertanian dan Perdagangan dengan apresiasi terhadap terobosan program Asuransi Pertanian dan Ekspor.

OD saat didaulat pembawa acara untuk tampil ke atas panggung untuk menerima penghargaan, menyatakan terima kasihnya kepada pihak INews dan seluruh dewan juri yang memilih Pemerintah Provinsi Sulut untuk menerima penghargaan tersebut.

Tak lupa juga Gubernur Olly menyampaikan terima kasih kepada Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang turut mensupport sehingga Sulut bisa melakukan ekspor di tengah pandemi.  “Saya sangat bersykur karena didukung juga oleh Menko Perekonomian dalam menunjang kita menuju daerah ekspor hub bagi kita di Sulawesi Utara. Semoga Tuhan selalu memberkati kita,” kata Olly.

Sementara Direktur Pemberitaan MNC Group Ray Wijaya mengatakan peraih Indonesia Awards 2020 terseleksi dengan mengutamakan kualitas. Menurut Ray, tokoh yang mendapatkan penghargaan ini sudah melalui pertimbangan sangat matang.

“Kami berusaha menjaga bobot kegiatan ini tetap sama. Ini supaya jangan sembarangan gitu kan. Karena itu semua tahapan kami jaga, semua proses kualitasnya kami jaga, dan melibatkan tim juri termasuk tim juri kehormatan sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Keberhasilan Olly Dondokambey dalam meraih award bergengsi ini terkait terobosan kebijakan pertanian dan perikanan, yakni dengan program Asuransi Pertanian, serta Ekspor Komoditas Petani dan Nelayan.

Hebatnya, Olly mampu menjalankan inovasi kreatif, sehingga di saat pandemi Covid-19 pun, ekonomi Sulut tetap bergerak. Bahkan berhasil mengekspor aneka komoditas dengan membuka penerbangan kargo langsung dari Manado ke Tokyo, Jepang.

Pemerintahan Daerah Sulut di bawah kepemimpinan  Olly Dondokambey-Steven Kandouw sukses mampu mengangkat Nilai Tukar Petani (NTP) dari 96,21 di tahun 2016 menjadi 98,23 di tahun 2019. Ini mengindikasikan tingkat kesejahteraan petani semakin melesat.

Untuk melindungi panen, Olly Steven melakukan terobosan melalui program asuransi gagal panen kepada petani yang kali ini sudah mencapai 3.000 hektar dan akan terus diperluas.

Secara terpisah, seusai menerima penghargaan, OD mengatakan, penghargaan yang diraih tersebut dipersembahkan untuk masyarakat Sulawesi Utara.

TOKOH INSPIRASI

Indonesia Awards 2020 yang diraih Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey lewat siaran live yang ditayang Inews (MNC Group), memiliki arti tersendiri di mata dewan juri. Menurut juri, terpilihnya Olly Dondokambey dkk tak hanya sekadar apresiasi terhadap prestasi para peraih award, namun juga apa yang dilakukan mereka dinilai memberi inspirasi bagi Indonesia di tengah pandemi ini.   

Menurut Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang juga Anggota Dewan Juri Kehormatan, Indonesia Awards 2020 ini memberikan penghargaan khusus kepada tokoh yang berkontribusi besar di tiga kategori.

“Ada tiga kategori, tokoh publik, tokoh profesional dan penghargaan khusus di bidang kesehatan,” katanya saat penjurian Indonesia Awards 2020 bersama 2 juri kehormatan lainnya, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Hary berharap dari tokoh penerima awards ini, bisa menginspirasi masyarakat luas untuk melakukan hal serupa atau bahkan lebih baik. “Tokoh-tokoh dipilih dengan kriteria tertentu, yang memiliki prestasi, yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, anak bangsa. Di samping itu juga penghargaan tersendiri bagi yang bersangkutan, karena kontribusinya kepada masyarakat,” katanya.

Sedangkan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, para tokoh yang terpilih sudah melalui seleksi ketat dengan kriteria yang tepat, antara lain tokoh tersebut dikenal luas, konsisten dalam menjalankan tugas dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat secara konkret.

Tak kalah penting, lanjut Airlangga, harus mempunyai kompetensi serta track record yang benar-benar dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat. “Tokoh-tokoh tersebut menjadi panutan bagi masyarakat maupun bagi pejabat publik,” tutur Airlangga. (mon/sbr)