oleh

POLRI dan TNI Siap Amankan Pemilu di Sangihe

TAHUNA – Polri bersama TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Mengawali komitmen kedua lembaga pertahanan dan keamanan negara tersebut, Jumat pekan lalu dilakukan gelar pasukan dan simulasi pemilu di lapangan Gesit Tahuna. Kapolres Sangihe, AKBP Sudung Ferdinan Napitu SIK ketika membacakan sambutan Menkopolhukam Wiranto, mengakui TNI dan POLRI telah ditugaskan negara untuk bertanggung jawab atas kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019. TNI dan POLRI kata Menkopolhukam wajib melakukan persiapan lewat gelar pasukkan dan simulasi pemilu, menyusul telah dikeluarkannya indeks kerawanan pemilu yang telah dipetakan dimasing-masing daerah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan POLRI.

Dalam petikan sambutan Menkopolhukam lainnya, TNI dan POLRI selaku instansi yang bertanggung jawab langsung pada pengamanan pemilu serentak, juga harus bertindak tegas sesuai dengan prsedur tetap, termasuk jangan mentolelir sekecil apa pun ketika ada pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemilu serentak. ”TNI dan POLRI selaku institusi yang bertanggung jawab terhadap pengamanan pemilu serentak, harus dapat mengambil suatu tindakan tegas apabila menemukan adanya kerawaanan dan tidak mentolirir sedikitpun ketika ada pihak yang mengganggu jalannya pemilu,” tegas Menkopolhukam yang juga mengajak seluruh komponen di daerah dan stok holder terkait segera mengenali, menemukan dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi.

Usai gelar pasukan dilanjutkan dengan simulasi pemilu yang menampilkan kemelut di kantor KPUD ketika ribuan massa datang mengamuk meminta penghitungan ulang hasil pemilu serta pembacaan deklarasi dan pembacaan ikrar bersama oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai mitra TNI-POLRI. Isi deklarasi menegaskan, masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe mendukung tugas-tugas TNI – POLRI dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan menjaga ketertiban masyarakat yang kondusif, mendukung tugas TNI-POLRI dalam memberantas hoax dan ujaran kebencian serta mendukung tugas pengamanan dan mensukseskan pemilu 2019 yang aman dan damai. Gelar pasukan turut disaksikan Asisten I Pemkab Sangihe, Drs. Irklis Sombonaung, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua KPUD Sangihe, Elysee Sinadia SPd, Camat, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lembaga serta organisasi lainnya.(ver)