oleh

Pnt GSVL: Jadikan Jaga Jarak Sebagai Lifestyle

KETUA Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM, Pnt Dr GS Vicky Lumentut DEA (GSVL) mengingatkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, kita tidak boleh sendirian melainkan harus bersama-sama bergotong- royong, demi memutus rantai virus corona.

“Kita tidak akan menang dengan sendiri. Kita harus bergotong royong, bersatu, bersama-sama. Mari kita patuhi program pemerintah terkait protokol kesehatan,” ungkap Pnt Vicky ketika menyampaikan sambutan dalam Ibadah Hari Persatuan P/KB GMIM, Jumat (05/06/2020) .

Pnt GSVL yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Manado ini mengatakan, mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus memasuki era new normal (kenormalan baru), dimana salah satu yang dituntut dari kita adalah melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19.

“Selaku Ketua P/KB Sinode GMIM, mari kita (anggota P/KB GMIM) menjadi yang terdepan, tampil lakukan apa yang diminta pemerintah terkait protokol kesehatan,” ajaknya.

Pnt Vicky mengatakan, saat ini budaya ‘jaga jarak’ harus dijadikan sebagai lifestyle (gaya hidup). Bukan lagi budaya bakumpul dan bakudapa sebagaimana kebiasaan yang dilakukan sebelum pandemi. “Sekarang kita dilatih jangan suka bakumpul. Dan kalau tidak terlalu penting, jangan keluar rumah. Stay at home,” katanya.

Begitu juga dengan penggunaan masker, yang kini jadi pencegah penyebaran virus per orangan. “Mari jaga diri, pakai masker lindungi diri Anda. Itu demi kepentingan kita dan keluarga kita. Budayakan menggunakan masker. Dan kalau pakai masker, jangan seperti main yoyo, naik turun. Bisa fatal,” kata Vicky seraya menambahkan juga budaya cuci tangan sebagai bagian lifestyle di era new normal yang akan dimasuki.

Pada bagian lain, Pnt Vicky mengingatkan soal ancaman resesi ekonomi, sehingga perlu dipersiapkan ketahanan ekonomi. Menurut GSVL, pandemic Covid-19 akan cukup lama berlangsung. Dan selepas itu, akan muncul masalah ekonomi. “Ketahanan pangan kita akan terpengaruh. Karena itu apa yang orang tua kita ajarkan untuk kembali ke basic, mari torang lakukan. Bakobong. Mari P/KB tingkatkan semangat menanam di era pandemi. Kalu nda ada lahan, pakai polyback. Kalau ketahanan pangan kita tercukupi, kita tidak akan tergerus resesi ekonomi. Mari hadirkan ketahanan ekonomi yang baik !,” tukas Pnt Vicky Lumentut. (vil/sbr*)