oleh

Pilkada Manado 2020, HJP dan Ai Turun Papan Dua?

KONTESTAN yang akan bertarung di Pilkada Manado 2020 pada 9 Desember mendatang, mulai mengkristal. Dua politisi muda yang mencalonkan diri pada Pilkada Manado 2015, yakni Harley ‘Ai’ Mangindaan dan Hanny Joost Pajouw (HJP) disebut-sebut kembali lagi bertarung.

Pada Pilkada 2015, baik Ai maupun HJP diusung di papan satu. AI berpasangan dengan Jemmy Asiku sedangkan HJP tandem dengan Tonny Rawung. Kedua pasangan ini kalah atas pasangan GSVL-Moor Bastian. Vicky-Mor terpilih dengan suara terbanyak setelah meraih 67.081 suara, disusul Harley Mangindaan-Jemmy Asiku 60.895 suara, dan pasangan HJP-Tonny Rawung di posisi ketiga dengan perolehan 60.564 suara.

Menariknya, di Pilkada 2020, baik Ai maupun HJP dikabarkan maju namun hanya di posisi ‘papan dua’. AI digadang akan maju sebagai wakil dari Prof Dr Julyeta Paula Amelia Runtuwene MS, istri GS Vicky Lumentut (Walikota Manado). Disebut-sebut mereka akan diusung Nasdem.  

Sedangkan HJP yang dulunya diusung PDIP, kini digadang menjadi wakil Mor Bastian. Adalah Partai Demokrat yang akan mengusung duet Mor-HJP. Hal ini dibenarkan  Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Kota Manado, Noortje Van Bone (NVB). “Pemilihan nama HJP karena kapasitas dan kemampuan yang bersangkutan,” ungkapnya terkait nama HJP yang dimasukan sebagai salah satu nominator di Pilkada Manado.

Kombinasi pasangan yang bakal maju ini, kemungkinan ditambah dengan Jimmy Rimba Rogi (Imba) yang akan diusung Partai Golkar. Ketua Harian DPD Partai Golkar Sulut James Arthur Kojongian (JAK) bahkan sangat optimis, jika Imba yang pernah menjabat Walikota Manado itu, akan memenangkan Pilkada. JAK juga yakin, Imba bisa mencalonkan diri. Hanya saja belum diketahui, siapa tandem Imba nantinya. Sementara di PDIP, nama kandidat yang sempat disebut adalah Royke O. Roring dan Andrei Angouw (AA), dimana belakangan nama AA yang menguat. (vil/*)  

Pilkada Manado 2015

  1. Harley A B Mangindaan dan Jemmy Asiku, partai pengusung: Gerindra dan Hanura
  2. GS Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan, partai pengusung: Demokrat dan PKPI (Pemenang)
  3. Hanny Joost Pajouw dan Gregorius Tonny Rawung, partai pengusung: PDIP dan NasDem.

Pilkada Manado 2020

  • Julyeta Paula Amelia Runtuwene-Harley ‘Ai’ Mangindaan ?
  • Mor Dominus Bastiaan-Hanny Joost Pajouw?
  • Jimmy Rimba Rogi-? (Golkar)
  • Andrei Angouw-? (PDIP)