oleh

Petinju Bitung Juan Abas Pukul KO Lawannya Asal Minahasa

KOMENTAREN.NET, Bitung – Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) cabang Bitung dibawah pimpinan Ir Maurits Mantiri MM nampaknya tidak main-main dalam menurunkan atlet Tinju asal Kota Bitung untuk mengikuti pertandingan penting di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dilaksanakan di kandang Kota Bitung.

Pasalnya meski hanya menurunkan 5 atlet Tinju yaitu Juan Abas, Jun Engkeng, Teddy Mangolongsongke, Ronly Mandak dan Alex Kevin Manansang, namun bocoran diperoleh kelima atlet Tinju Bitung ini sudah memasang target meraih juara dalam setiap kelas yang akan dipertandingkan.

Salah satu bukti adalah pada laga pembuka yang dilaksanakan di Sport Hall di Peti Kemas Bitung disamping PT Semen Tonasa pada Selasa (03/12/2019) di kelas 46 Kilogram, Elite Man salah satu petinju Bitung yang dikenal berbahaya karena memiliki pukulan mematikan bernama Juan Abas tampil superior dengan memukul KO lawannya asal Kabupaten Minahasa yaitu Vijay Runtuwene pada ronde kedua.

Terpantau saat jalannya pertandingan memang sudah kelihatan dominan pukulan Juan Abas layaknya petinju profesional seperti Manny Paqiauo yang memukul lawannya begitu cepat lewat pukulan 1-2 jab straight dan pukulan hook serta overcut yang menembus double cover Vijay Runtuwene ini.

Alhasil pada ronde pertama, atlet Minahasa dengan memakai pakaian warna merah sempat meladeni pukulan Juan Abas namun tak mampu mengimbangi tekanan pukulan yang bertubi-tubi dari Juan Abas ke arah muka atlet Minahasa ini.

Endingnya saat memasuki babak kedua dari 3 ronde yang dipertandingkan akhirnya pukulan dengan speed cepat hook kiri dan hook kanan ditambah jab straight membuat Vijay Runtuwene langsung terjungkal dan terduduk di sudut ring, melihat Vijay sudah tak berdaya karena dihujani pukulan keras oleh Juan Abas, pertandingan langsung diberhentikan oleh wasit. Dan pada iven ini Juan Abas berhasil menang KO.

Julius Ondang MSi selaku manager Tim Cabor Tinju Bitung mengatakan bahwa memang Juan Abas adalah jagoannya karena pemuda sangat giat berlatih keras untuk meraih impiannya menjadi petinju profesional.

Selain itu juga empat atlet lainnya kualitasnya hampir setara dengan Juan Abas. “Intinya meskipun kami tuan rumah, tapi Cabor Tinju khususnya, kami tidak mau disebut atlet-atlet kacangan dengan hanya menjadi tim penggembira saja dan menjadi penonton dalam Porprov ini. Melainkan kami mempunyai target untuk menyapu bersih dalam setiap pertandingan,” ujar Ondang didampingi Marcel Sumampouw anggota Tim Pertina Bitung.(nan)