oleh

Peserta UNAR di Sulut Melonjak 4 Kali Lipat di Tengah Pandemi

ADA tren menarik terkait UNAR (Ujian Nasional Amatir Radio) di Sulawesi Utara saat pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, jumlah peserta UNAR malah meningkat tajam dibanding sebelum pandemi. Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado mencatat, meski ujian saat ini terbatas dan harus mengikuti protocol kesehatan, namun terjadi peningkatan empat kali lipat peserta UNAR di Sulut.

“Sebenarnya, minat dari para calon anggota amatir radio sangat tinggi untuk mengikuti UNAR CAT Reguler, tapi panitia meminta maaf, karena harus membatasi jumlah peserta pada setiap kegiatan,” ungkap Kepala Balmon Manado Hermanto, saat membuka UNAR CAT Reguler IX, Jumat (18/07/2020).

Berdasarkan Data Izin Amatir Radio (IAR), sampai dengan Juli 2020, peserta UNAR CAT Reguler di Sulawesi Utara berjumlah 164 orang. Jika dibandingkan dengan data Semester I Tahun 2019, yang hanya tercatat 39 peserta, maka terdapat kenaikan 420 persen.

Jumlah peserta lulus ujian sepanjang semester I tahun ini mencapai 150 orang, sehingga persentasi kelulusan pelaksanaan UNAR CAT Reguler di Sulawesi Utara mencapai 91.5 persen.“Tentunya hal ini patut kita banggakan, karena ditengah-tengah Pandemi Covid-19, ternyata Amatir Radio kembali digemari dan diminati masyarakat sebagai sarana komunikasi yang efektif untuk menjaga tali silaturahmi para anggota,” ujar Hermanto dilansir seputar sdppi. (sbr/sdp)