oleh

Peserta Lulus Passing Grade Belum Aman

KOMENTAREN.NET, Bolsel – Pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berbasis Computer Assisted Test (CAT) telah memasuki hari ke empat pada Minggu (09/03/2020) kemarin. Tercatat kurang lebih 191 peserta mencapai Passing Grade (PG) dari 191 CPNS yang melewati Passing Grade, ada 50 peserta yang merupakan warga asli lokal.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bolmong Ahmadi Modeong Mengatakan, CPNS yang lulus Passing Grade masih akan melewati tiga tahap untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Yang lulus tidak secara otomatis menjadi PNS, masih ada 3 tahapan lagi. Pertama, perangkingan sesuai formasi. Kedua, mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang masih menunggu jadwal dari BKN, dan yang terakhir, perangkingan berdasarkan nilai Akumulasi antara SKD dan SKB,” ucap Ahmadi.kemarin.

Ahmadi menjelaskan, cara perangkingan di ujian SKD rumusnya, Tiga peserta dikali 1 kuota. “Misalnya dibuka dua kuota di BKPSDM yang pertama Analis Kepegawaian, kedua Analisis Komputer. Yang melamar 100, yang ikut ujian setelah seleksi berkas 80, karena 20 tidak lolos seleksi berkas, ternyata yang lulus PG 10 peserta maka dilihat rangking 1 sampai 6 itu yang akan mengikuti ujian SKB yang akan dilaksanakan oleh BKN,” terang Sekretaris IKA PMII Bolsel ini.

Mantan juru bicara (Jubir) Pemkab Bolsel itu menambahkan, yang sudah lulus Passing Grade bisa saja akan gugur di perangkingan. “Belum juga, jika alokasi hanya 2 orang, berarti sisa kesempatannya hanya 2 orang dari 6 peserta yang mengikuti ujian SKB,” imbuhnya. Terpisah, salah satu peserta asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang memenuhi ambang batas atau Passing Grade, Resilia Darunsolang mengatakan, proses seleksi sudah dilakukan dengan baik. “Alhamdulillah terimakasih banyak kepada orang tua saya, keluarga, serta kerbat yang sudah mendukung. Kemudian, terimakasih kepada panitia pelaksana, khususnya BKPSDM Bolsel yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini dengan sangat baik,” singkat singkat Datunsolang.(RHB)